oleh

Desa Pasar Jumat Gelar Musdes Bahas Prioritas Dana Desa 2021

WARTAINSPIRASI.COM, KAUR — Pada proses kegiatan awal tahun di Desa Pasar Jumat Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu telah mengadakan musyawarah desa untuk membahas kinerja dan sistem keuangan Pembangunan yang bersumber dari Dana Desa Tahun 2021. pada hari Rabu (27/01/2021).
Dalam kegiatan musdes ini banyak usulan yang di sampaikan oleh warga mulai dari kegiatan fisik maupun non fisik,
aspirasi serta usulan semua telah di tampung oleh Kepala Desa, namun segala sesuatu nya tetap dikaji dan di pertimbangkan dengan besaran anggaran yang tersedia .

Apa lagi pada tahun 2021 ini kegunaan Dana Desa ada yang harus di prioritaskan diantaranya, pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa selama satu tahun dengan jumlah Rp. 300 ribu /bulan, pemulihan perekonomian, seperti mengembangkan usaha kecil dan menengah, program nasional seperti tentang kesehatan, stunting dan membudayakan tenaga kerja warga dengan sistem padat karya sebesar 50%.

Kepala Desa Pasar Jumat dalam sambutannya, terkait ana Desa Tahun 2021, sangatlah berbeda dengan tahun sebelumnya, karena di tahun 2021 ini, Dana Desa di prioritaskan untuk kegunaannya sesuai dengan Peraturan Menteri Desa (Permendes) Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa 2021 .
Di sebutkan salah satunya menghidupkan perekonomian masyarakat, tentang penanggulangan ekonomi dalam masa vandemi covid-19, salah satunya pembagian BLT-DD kepada masyarakat miskin dan menyerap tenaga kerja dalam sistem padat karya,” ujar Kades.

Di sebutkan bahwa kesepakatan hasil musyawarah desa ada beberapa poin yang diprioritaskan mulai dari
Bantuan Langsung Tunai (BLT DD) selama satu tahun dengan jumlah dana Rp. 300/bulan sesuai ketentuan,
pengadaan internet desa digital, padat karya tunai, pemulihan ekonomi masyarakat desa, penambahan gizi (cegah stunting),” pungkas Kades Julianto.

Hadir dalam musdes tersebut sekaligus nara,sumber Kepala Desa Kkades), Bhabinkambtibmas, Babinsa
Pendamping desa dan Wakil Ketua BPD. Kebetulan Ketua BPD tidak sempat hadir tidak di sebutkan alasannya dan seluruh masyarakat Pasar Jumat sesuai dengan daftar hadir yang terlampir, rapat musdes yang digelar hari ini dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. (Marjhon )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed