oleh

229 Anggota BPD Dari 8 Kecamatan di Lantik Bupati Lebong

LEBONG, WARTAINSPIRASI.COM


Bupati Lebong Kopli Ansori melantik dan mengambil sumpah anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Lebong, acara berlangsung di Aula Rumah Dinas Bupati, Jum’at (30/04/2021).

Pengambilan sumpah Janji yang diikuti sebanyak 229 Anggota BPD di 8 Kecamatan Kabupaten Lebong. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan SK pengangkatan nomor 161 tahun 2021. Berdasarkan hasil pemilihan anggota BPD yang digelar sebelumnya. Masa Jabatan 2021-2027.

Bupati Kopli Ansori dalam arahannya mengatakan, fungsi dari BPD yakni membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, mengusahakan dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa serta melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

BPD juga berwenang menyampaikan aspirasi masyarakat kepada Pemerintah Desa secara lisan dan tertulis, melaksanakan pemantauan dan evaluasi kinerja Kepala Desa, meminta keterangan tentang penyelenggaraan pemerintahan desa kepada Pemerintah Desa, mengawal aspirasi masyarakat, menjaga kewibawaan dan kestabilan penyelenggaraan pemerintahan desa berdasarkan tata mengelola Pemerintahan yang baik,

Menyusun peraturan tata tertib BPD, menyampaikan laporan hasil pengawasan yang bersifat insidental Bupati melalui Camat, menyusun dan menyampaikan rencana Operasional BPD secara tertulis kepada Kepala Desa untuk dialokasikan dalam rancangan anggaran dan pendapatan belanja desa.

Dalam pidatonya Bupati Lebong Kopli Ansori mengucapkan, “Selamat kepada anggota BPD yang telah dilantik.Dan harapan saya bekerjalah sesuai dengan fungsinya, jalani amanah masyarakat. Karena masyarakat menanamkan kepercayaan kepada BPD bagaimana lebih baik lagi ke depannya.

Serta bersinergi bersama-sama dengan Kepala Desa harus mampu menciptakan iklim yang kondusif, dengan demikian kepercayaan masyarakat terhadap BPD tumbuh dan masyarakat dapat merasakan manfaat yang sebesar-besarnya dari pelayanan yang diberikan oleh BPD bersama kelembagaan lainnya didesa,” ucap Pak Bupati.

“Mari kita bersama-sama membangun Kabupaten Lebong ini melalui Desa, memanfaatkan potensi yang ada dengan sebaik mungkin, bijaksana dan berwawasan lingkungan agar tercapainya Kabupaten yang bahagia dan sejahtera,” jelasnya.

Tampak hadir acara pelantikan BPD ini yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Lebong Mustarani Abidin, Ketua DPRD Lebong Carles Ronsen, Kepala Kejaksaan Negeri Lebong yang di wakili oleh Hendrizal, Kapolres Lebong diwakili oleh kompol Sofyanto, Kepala OPD terkait Kadis PMDSos Teko Heryanto, sejumlah Camat dan Kades Kabupaten Lebong, serta awak Media.(MrL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed