oleh

Terkait Pemangkasan ADD, Kades Talang Leak 1 Datangi PMDSos Lebong

LEBONG, WARTAINSPIRASI.COM


Informasi mengenai pemangkasan Alokasi Dana Desa (ADD) melalui Perbup (Peraturan Bupati) Tahun 2021 membuat seluruh Kepala Desa di Kabupaten Lebong merasa gelisah dan resah, hal yang sama dirasakan oleh Kepala Desa Talang Leak 1 Daruslan Efendi akrab disapa Ujang, pada hari Rabu (14/04/2021) mendatangi Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Kabupaten Lebong.

Kedatangan Kepala Desa Talang Leak 1 yang disambut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDSos) Lebong, Reko Haryanto melalui Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Eko Budi Santoso, belum lama ini.

Ingin menanyakan mengenai pemangkasan ADD yang mencapai 160 juta lebih di tahun 2021untuk Desa Talang Leak 1, guna mendapatkan informasi yang lebih jelas dan secara langsung dari pihak PMDSos Kabupaten Lebong terkait ADD yang akan di pangkas, Kepala Desa menanyakan serta ingin berdiskusi, penyebab pemangkasan tersebut dua kali lipat, sedangkan jika dihitung gaji perangkat saja hanya bisa di bayar 11 bulan.

“Sementara kami sudah membuat APBDes yang seharusnya sudah berjalan dan jika dipangkas terus bagaimana kami akan menunjang operasional kami, uang yang dipangkas itu untuk keperluan apa saja dan apakah ada solusi untuk permasalahan ini, jangankan untuk menyelesaikan masalah, malahan akan menimbulkan masalah baru, kami yang akan membayarkan gaji perangkat hanya 11 bulan, sisa 1 bulan harus kami ambil dari mana,” ungkap Pak Kades

Disampaikan Kepala Desa bahwasannya ada juga informasi Desa yang hanya mampu untuk membayar gaji perangkatnya,hanya 10 bulan saja, jadi 2 bulan itu siapa yang akan membayar dan mempertanggung jawabkannya.

“Persoalan ini akan menimbulkan kekisruhan dan akan mengakibatkan masalah baru, jika tidak ada tindakan dan kebijakan khusus,” pungkasnya.

Kadis PMDSos Reko Haryanto menyampaikan bahwasannya Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahun 2021 tahap pertama sudah masuk ke Rekening Desa masing masing. Namun untuk pencairannya harus dapat memenuhi persyaratan serta regulasi.

Tanggapan dari Kepala Desa Talang Leak 1 bahwasannya Dana Desa 8 % tersebut masih dalam proses pencairan, karena harus melengkapi persyaratan yang masih kurang.

“Tahun 2021 untuk tahap pertama ini, kami berusaha melengkapi regulasi pencairan Dana Desa 8%, namun untuk pencairan ini saja sudah ada kendala, bagaimana kita akan pencairan untuk 40% nanti,” jelasnya. (MRL)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed