oleh

Baru Beberapa Bulan Selesai di Kerjakan, Siring Gendong Jebol dan Ambruk

KAUR, WARTAINSPIRASI.COM – Belum beberapa bulan bangunan pemeliharaan yang dianggarkan melalui Tanggap Darurat PUPR Provinsi Bengkulu melalui Anggaran tahun 2020 bangunan siring gendong atau tanggul penahan tebing saat ini sudah ambruk, siring gendong ini terletak di Desa Ulak Pandan Kecamatan Nasal.

Pantauan media dilokasi, sekitar puluhan meter siring gendong ini sudah retak dan beberapa meter sudah ambruk dan menutupi siring dari bentuk pasangan terlihat bekas adukan semennya di duga pasir yang digunakan banyak mengandung lumpur tanah dan juga pipa penyerap air nya jarang dan terlalu kecil.

Ditambah lokasi di bangunan tersebut tanahnya labil sehingga pada saat hujan deras aliran air dari atas tebing tersebut membuat siring gendong ini tak kuat menahan tendangan air dan air mengeruk ke bawah siring maka terjadilah ambruk dan patah.

Dilihat dari bagian bawah siring di duga kurang dalam pondasinya di tambah memang tidak ada disiapkan perencanaan memakai tulang besi dengan posisi di lokasi yang tanah labil maka rawan terjadi kerusakan pada bangunan tersebut.

Informasi di dapat bangunan ini di kerjakan oleh pihak pelaksana pengawas lapangan yang sekaligus ikut langsung mengerjakannya kegiatan tanggap darurat ini. Dimana pada beberapa bulan yang lalu yang dikerjakan mulai dari pemasangan siring Tipe 3 hingga memasang siring gendong atau tanggul penahan tebing .

Pada saat di lokasi rekanan pengawas sekaligus rekan pelaku yang ikut mengerjakan kegiatan tanggap darurat, Sadarudin pada media mengatakan bahwa ambruknya siring gendong ini kita akan segera perbaiki kembali dan ini masih dalam tanggung jawab dari pihak pelaksana,” ujarnya, Senin (17/5/21). (Marjhon)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed