oleh

CU, Ketua TP PKK dan Kadis Pertanian Panen Raya di Lahat Selatan

LAHAT, WARTAINSPIRASI.COM — Berlokasi di Desa Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan, Kabupaten Lahat, Bupati Lahat Cik Ujang SH, didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Lidyawati Cik Ujang S.hum, serta kepala dinas (Kadis) Pertanian dan Peternakan Lahat Eti Lestiana SP MM, melaksanakan Panen Raya Perdana.

Dalam kegiatan tersebut, juga turut hadir Bupati Lahat Cik Ujang SH, Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang, Kepada Dinas (Kadis) Pertanian dan Peternakan Eti Listina SP MM, Ketua DPRD Lahat, Polres Lahat, Dandim 0405 Lahat, para Kabag, Kabid Dinas Pertanian, SKPD Pemkab Lahat, Camat Lahat Selatan, seluruh Kades Kecamatan Lahat Selatan, serta KTNA yang ada.

Melihat dari hasil panen Padi yang cukup melimpah milik petani di desa Tanjung Payang kecamatan Lahat Selatan saat Panen Perdana pada Senin (14/06/2021) kemarin, membuat Pemkab Lahat Optimis kebutuhan pangan akan terus tercukupi.

“Oleh karenanya, saya sampaikan dengan melihat panen seperti saat ini, harapan perekonomian warga dapat meningkat, juga teriring dengan kesejahteraan, untuk itu, kiranya agar lahan persawahan tidak dijual dan tetap dijaga,” ungkap Bupati Lahat Cik Ujang dalam Panen Raya di Desa Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan, kemarin.

Untuk diketahui, sambung Cik Ujang, lahan persawahan yang menghasilkan padi lebih dari 1 ton dalam Satu kali panen membuktikan bahwa kita memiliki tanah yang subur untuk terus menanam padi. Karenanya, agar perekonomian tetap terjaga maka kebutuhan beras adalah hal yang utama untuk terpenuhi dan berladang adalah salah satu jalannya.

“Hari ini didesa Tanjung Payang panen perdana dilahan seluas lebih kurang empat Ha mampu menghasil kan padi lebih dari Enam Ton dan hal ini membuat kita optimis Swasembada dan kebutuhan pangan akan tercukupi,” harapnya.

Maka dari itu, disampaikan CU Pemkab Lahat mengimbau kepada petani dan KTNA serta masyarakat agar tidak dengan mudah menjual lahan persawahan yang dimiliki, Karen selain masih menjanjikan untuk digarap Sawah juga dapat memenuhi kebutuhan beras minimal untuk semua anggota keluarga.

“Nah, jika lahan sawah dijual kemudian menjadi gudang oleh orang berduit, maka bisa mengancam perekonomian seperti didaerah lain, di Lahat kami harap agar petani sertA KTNA tetap mempertahankan lahan persawahan dan Pemkab Lahat akan siap membantu membangun Irigasi agar sawah terus teraliri air supaya warga tidak merasa khawatir akan kekeringan,” janji Bupati Lahat.

Sementara, Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Peternakan Lahat Eti Listina SP, MM berjanji akan terus berupaya semaksimal mungkin melakukan pembinaan kepada para KTNA disetiap Kecamatan serta memberikan bantuan berupa pupuk, dan benih melalui program yang ada.

Tujuannya, sambung Eti, guna membantu para petani dalam melakukan aktivitasnya, dan, panen raya perdana hari ini di Desa Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan, Kabupaten Lahat mudah mudahan hasilnya dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Untuk itu, kami telah membuat ruang bagi petani guna menyampaikan keluhan dilapangan, agar apa yang menjadi kendala selama ini dapat teratasi. Harapan kami, semoga bisa memberikan dampak positif bagi para Petani yang ada,” tutup Kadis Pertanian dan Peternakan. (Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed