oleh

Kebakaran Desa Keban 1 Rumah, Desa Suka Cinta 6 Rumah

LAHAT, WARTAINSPIRASI.COM — Peristiwa kebakaran kembali melanda didua lokasi Desa yang berbeda didalam wilayah Kabupaten Lahat. Sehingga, Lahat dinilai sudah masuk kategori Lahat Darurat Kebakaran.

Terbukti setiap hari peristiwa kebakaran melanda Bumi Seganti Setungguan. Seperti terjadi pada Selasa (08/06/2021) kemarin, untuk di Desa Keban Kecamatan Kota Lahat satu buah rumah milik Subrili (50) warga Desa Keban, kejadian kebakaran sekitar jam 11.49 WIB, asal api diduga dari arus pendek listrik, dan kebakaran berhasil dijinakkan sekitar pukul 13.00 WIB, dan tidak menelan korban jiwa dalam tragedi tersebut.

Kasat Pol-PP, Linmas, dan Damkar Pemkab Lahat Fauzan Khoiri Denin AP MM dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa setidaknya dalam satu hari ini, berselang dua jam terjadi dua kali kejadian kebakaran tepatnya di Desa Keban Kecamatan Kota Lahat dan Desa Suka Cinta Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat.

“Benar, terjadi kebakaran yang pertama melanda Desa Keban Kecamatan Kota Lahat, peristiwa kejadian sekitar jam 11.49 WIB, yang dialami oleh korban bernama Subrili (50),” terang Fauzan pada Selasa (08/06/2021) kemarin.

Akibat peristiwa itu, diakui Fauzan, dugaan sementara oleh arus pendek listrik, adapun personil yang diterjunkan sedikitnya 15 personil Damkar dengan 2 unit Mobil ditambah 1 Armada Tangki Suplay dengan 2 personil BPBD.

“Pemadaman dibantu oleh oleh masyarakat Desa Keban. Dampak dari kebakaran tersebut rumah milik Subrili habis dilalap api dibagian atas karena dibagian atas merupakan kayu,” ungkapnya.

Sedangkan, sambung Fauzan, untuk di Desa Suka Cinta kejadiannya kebakaran terjadi sekitar pukul 13.00 WIB, adapun objek yang terbakar sedikitnya enam (6) Rumah diantaranya 3 rumah Habis terbakar, 1 rumah rusak berat dan 2 Rusak Ringan.

“Rumah milik Priwansyah, Ardiyanto dan Windi yang habis terbakar sedangkan 2 rusak ringan dan 1 rusak berat, sebab api dugaan ledakan Korek api,” ungkap Fauzan.

Diakui Fauzan saat kelokasi kejadian, api dengan cepat menyambar dikarenakan jarak rumah yang berdampingan ditambah lagi bagian rumah terbuat dari kayu sehingga mudah dimakan api.

“Api berhasil dipadam satu jam sekitar pukul 14.00 Wib. Sedikitnya 3 unit Armada damkar diturunkan, Mobil Pemadam dari PT Priamanaya Energi dan Mobil Pemadam dari Manggala Agni,” jelasnya.

Terakhir, dihimbau Fauzan, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lahat untuk lebih berhati hati dan lebih waspada dengan segala bentu api, mengingkat belakangan kerap terjadi kebakaran. Masyarakat dimintak saat meninggalkan rumah dalam kondisi semua aman, dan juga bagi warga perokok agar kiranya tidak sembarangan membuang puntong rokok, karena saat ini sudah memasuki bulan kemarau. (Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed