oleh

Pemda Tunggu Untuk BPUM Tahap II Hingga 28 Juni 2021

LAHAT, WARTAINSPIRASI.COM — Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Lahat melalui Dinas Koperasi Lahat masih terus membuka kesempatan untuk mengajukan program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) Tahap II, hingga, tanggal 28 Juni 2021 mendatang.

“Benar, program bantuan produktif usaha mikro (BPUM) tahap II, hingga tanggal 28 Juni 2021 nanti. Bagi warga yang ingin mengajukan silakan dan akan kami tunggu,” ungkap Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lahat, Herry Alkafi AP MM melalui Sekretaris, Ariyanti S.Sos, pada Selasa (15/06/2021) kemarin.

Ia menjelaskan, pencairan BLT UMKM tahun ini hanya dilakukan satu kali sebesar Rp 1,2 juta. Jika tahap 1 pada awal tahun ini ada 4000 permohonan. Pada tahap 2 ini dibuka hingga 28 Juni 2021.

“Sesuai juknisnya, iya (satu kali). Untuk pendaftaran melalui desa dan kemudian disampaikan ke Dinas Koperasi dan UMKM. Lalu usulan itu dikirim ke kementerian pusat,” tambahnya.

Sebelum mengajukan diri menjadi penerima BLT UMKM, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi, yaitu harus mempunyai surat keterangan usaha, NIK KTP, nomor telepon, bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, pegawai BUMN dan BUMD dan tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Sementara, penyaluran BLT UMKM dilakukan melalui dua bank, yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Negara Indonesia (BNI). “Dalam proses seleksi ditentukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM. Jika terpilih maka nanti ada notifikasi SMS atau bisa di cek melalui efrom.bri.co.id dan efrom.bni.co.id,” jelasnya.

Menurut catatan pihaknya, ada 3000 pelaku UMKM yang sudah menerima Banpres Produktif sebesar Rp. 1,2 juta berdasarkan data di tahun 2020 lalu.

“3000 pelaku UMKM ini ada diantaranya menerima 2 kali yakni tahun lalu sebesar Rp 2,4 juta dan bahkan di tahun 2021 ini sebesar Rp 1,2 juta. Ada juga yang hanya menerima di tahun ini,” jelasnya. Seraya menjelaskan bahwa bantuan tersebut merupakan atas verifikasi dari pusat dalam penanganan dampak ekonomi dari pandemi Covid 19.

Sementara, pengusulan permohonan pendaftaran di tahun 2021 dilaksanakan pada 3 tahapan alias masih menunggu hingga penutupan.

“Pada intinya, data yang sudah dikirim oleh desa/kelurahan, kita tindaklanjuti dengan mengirim langsung ke pusat. InsyaAllah bagi pemohon yang memenuhi syarat bisa berpeluang menerima Banpres Produktif,” pungkasnya. (Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed