oleh

Pemdes Pasar Jumat Bangun Talut Antisipasi Tanah Longsor

KAUR, WARTAINSPIRASI.COM — Untuk memanfaatkan Dana Desa di tahun 2021 ini selain dari adanya prioritas Dana Desa Pasar Jumat Kecamatan Nasal telah memasang talut penahan longsor dimana pemasangan talut ini untuk mengantisipasi terjadinya tanah longsor yang berakibat fatal di kemudian hari.

Kepala Desa Pasar Jumat Julianto mengatakan sesuai dengan RPJMDes tahun 2020 telah di tuangkan dan di sepakati untuk pembangunan talut untuk mengantisipasi agar bisa menahan tanah supaya tidak terjadi longsor, dikuatirkan bila mana terjadi hujan akan terjadi longsor ,bila mana itu terjadi maka bisa menimbun jalan dan bisa juga tergerus sampai ke rumah warga,” ujar Kades Julianto pada, Selasa (22/06/21).

Dikatakan juga pada bencana alam yang bisa menimbulkan kerusakan infrastruktur adalah sesuatu yang mendesak untuk kami benahi. Maka di tahun 2021 ini pembangunan talut telah masuk dalam prioritas Dana Desa pasar Jumat seperti jalan Desa, gorong-gorong, sanitasi air, maupun tanggul penahan banjir yang rusak harus dibangun kembali. Tentunya dengan penataan baru yang lebih baik dan tahan terhadap bencana,” jelasnya.

Kades juga mengatakan, Dana Desa pembangunan talut ini bagian dari siaga bencana, mengingat banyaknya tebing rawan rawan longsor, apalagi pada musim hujan yang kerap terjadi banjir atau longsor. Dan anggaran Dana Desa tahun ini kita baru bangunkan talut sepanjang lebih kurang 50 meter Insya Allah di tahun berikutnya kita akan upayakan kembali untuk bangunan selanjutnya.

“Kegiatan ini melibatkan sepenuhnya masyarakat desa kami, mereka merasa terbantukan dengan adanya kegiatan ini sehingga dari HoK dapat memenuhi kebutuhan keluarganya pada saat pandemi sekarang,” pungkas Kades. (Marjhon)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed