oleh

Reses DPRD Dapil V Janjikan Jl Batu Urip Jadi Prioritas

LAHAT, WARTAINSPIRASI.COM — Kerusakan akses jalan sepanjang lebih kurang enam (6) kilo dusun I dan II Desa Batu Urip Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat akan menjadi prioritas. Bukan, hanya didesa Batu Urip saja, termasuk jalan dibeberapa Kecamatan Kikim Area Lahat yang ada diperbaiki oleh Anggota DPRD Dapil V yakni, Kikim Area dan Gumay Talang, Lahat.

Melalui dana Aspirasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Lahat, dikeluarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) II Pemkab Lahat akan mengucurkan sebesar Rp.38 Milyar.

Selain becak ditambah tebalnya lumpur tanah dilokasi. Sehingga, mengakibatkan aktifitas warga dusun I, II Desa Batu Urip Kecamatan Kikim Timur Lahat, tidak lancar dan kerap tersendat, sebab Medan yang hendak dilintasi sangat susah. Hal itu juga sudah berlangsung cukup lama, dan tidak tersentuh oleh pembangunan dari Pemkab Lahat.

“Dalam kegiatan reses Dapil V ini, pihaknya hanya memfasilitasi giat yang ada guna menyerap Aspirasi masyarakat dan Pemerintahan Desa dan ada beberapa usulan dan salah satunya menjadi Prioritas yakni, Desa Batu Urip, karena didesa tersebut memang sudah layak untuk dibangun jalan,” ungkap Camat Kikim Timur Pukatul Hadi, Kabupaten Lahat, kemarin.

Ia menjelaskan, dimintak agar masyarakat dapat bersabar dan menginkan pembangunan tersebut, tetap akan tersebar dengan merata di Kecamatan Kikim Area, Kabupaten Lahat.

“Yang jelas, untuk usulan telah ditampung, sehingga nantinya para wakil rakyat dapat memilah lagi skala prioritas untuk dibangunkan terlebih dahulu,” tambahnya.

Pukatul mengatakan, masyarakat juga ingin agar ada penyelesaian sengketa lahan antara perusahaan dan warga yang hingga saat ini belum tuntas.

“Ada juga yang mengusulkan motor untuk Kades, penyelesaian sengketa lahan, dan tindakan tegas terhadap perusahaan yang menggunakan jalan kabupaten, namun tidak ada timbal balik atau kontribusi terhadap perbaikan,” tuturnya.

Sementara, Kades Gelumbang Depi Aprianto menyampaikan, pihaknya berharap juga ada pembangunan dibagian Utara Kikim, yakni jalan tembusan Kikim Timur dan Kecamatan Kikim Selatan.

“Ada juga jalan yang sangat penting untuk dibangun, karena Desa Gelumbang, Gunung Aji dan Lubuk Nambulan terancam terisolir. Kami harap, arah pembangunan juga ditujukan kesana,” harap Depi Aprianto. (Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed