oleh

Rumah Isolasi Mandiri Pasien C19 Berantakan dan Tidak Terawat

LAHAT, WARTAINSPIRASI.COM — Sejak virus menular melanda Indonesia, sampai menyusup kesemua daerah, tak terkecuali di Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), sehingga, membuat Pemkab Lahat membangun rumah khusus isolasi bagi warga yang terpapar Covid 19.

Rumah sehat yang dibangun oleh Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat yang terletak di Jl Lintas Sumatera atau tepatnya di Terminal Batay Kelurahan Pagar Agung Kabupaten Lahat, disayangkan saat ini kondisinya sudah berantakan dan terkesan tidak terawat lagi.

Padahal, rumah yang dibangun Pemkab Lahat yang cukup megah ini merupakan tempat untuk melakukan isolasi mandiri pasien Covid-19. Akan tetapi, disesalkan dilokasi tersebut, sudah tidak ada lagi aktivitas, termasuk tidak adanya penjaga lagi.

Berdasarkan pantauan dilapangan belum lama ini, tidak ada aktivitas tim medis maupun penjaga di kawasan rumah sehat yang berada di Jalan Lintas Sumatera, tepatnya di Terminal Batay Kelurahan Pagar Agung Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat. Terlihat, bangunan yang memiliki 4 ruangan tersebut, hanya nampak gordeng dan sekat tempat tidur sudah ada yang lepas atau rusak, kondisi juga berantakan lantaran diduga tidak adanya perawatan.

“Untuk kondisinya sudah tidak terawat lagi. Seharusnya, walaupun tidak ada warga yang menjalani Isolasi Mandiri tetaplah dijaga, dan dibersihkan sehingga, apabila kedepan ada dadakan pasien yang hendak diisolasi, ruangan tersebut masih tetap bersih dan dijaga oleh Security, supaya barang barang dalam keadaan aman,” kata Nazeli (42) warga Lahat ketika dimintaki tanggapannya pada Jum’at (25/06/2021) kemarin.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat Taufik M Putra SKM MKes dikonfirmasi mengaku, rumah sehat tersebut saat ini masih aktif dan tetap melayani pasien Covid-19, untuk melakukan isolasi di rumah sehat. Akan tetapi, yang menentukan warga yang bisa masuk dirumah isolasi itu, ada Tim Dokter khusus yang menilai layak diisolasi dirumah sehat atau diisolasi dirumah saja.

“Nah, untuk yang isolasi ada atau tidak, terus terang saya tidak tahu, karena, saya belum cek. Silakan tanya langsung dengan Tim Teknisnya saja,” saran Taufik selaku Kadinkes Lahat. (Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed