oleh

DPRD SBB Terima Nota Pengantar Ranperda APBD 2020

MALUKU, WARTAINSPIRASI.COM — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku menerima nota pengantar ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah ( APBD ) tahun anggaran 2020 dari Pemerintah Daerah lewat rapat paripurna, yang berlangsung di ruang sidang paripurna DPRD SBB pada Sabtu 24 Juli 2021,

Penyerahan nota pengantar APBD tahun 2020, dari Bupati SBB Moh Yasin Payapo diterima Ketua DPRD SBB Abdul Rayid Lisaholith, didampingi wakil ketua Arifin Grisya Podhlan, dan La Nyong serta di saksikan langsung oleh anggota DPRD serta OPD lingkup Pemda SBB.

Ketua DPRD SBB Abdul Rasyid Lisaholith mengatakan, dokumen yang sudah diserahkan Bupati kepada DPRD SBB akan dibahas sesuai mekanisme dan peraturan perundang – undangan yang berlaku dan pada waktunya nanti akan dikeluarkan keputusan dewan terhadap ranperda tersebut.

‘’ Secepatnya akan kita bahas bersama untuk mencapai satu kesepatan bersama,baik DPRD maupun Pemda SBB, kepada seluruh DPRD saya harapkan agar data – data yang diperolah selama menjalankan tugas pengawasan dapat dipergunakan dalam pembahasan nanti’’ harap Lisaholith.

Menurutnya, penyampaian pertanggungjawaban pelaksanaan APBD setiap tahunnya memiliki arti dan makna yang sangat penting,karena kebijakan pemerintah daerah yang tertuang dalam bentuk program dan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan dengan anggaran yang bersumber dari APBD selama setahun anggaran.

‘’ Dan DPRD mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan APBD kabupaten SBB satu tahun anggaran sesuai dengan indikator – indikator pencapaian kerja yang telah ditetapkan.’’ ujarnya.

Disampaikannya, DPRD memiliki kewenagan untuk mengavalusi sejauh mana pelaksanaan APBD telah dilakukan, sebagaimana DPRD sebagai fungsi pengawasan, maka kata Lisaholith, DPRD senantiasa melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan APBD pada setiap tahun anggaran.

‘’ Evaluasi semata – mata agar pelaksanaan APBD benar – benar mampu menyelesaikan berbagai persoalan kemasyarakatan yang ada, serta dapat memberikan perubahan – perubahan yang signifikan bagi kemajuan masyarakat,’’ pungkas Lisaholith. (Fitrah)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed