oleh

Peringati Hari LHS, Wabup Tebar Bibit Ikan dan Tanam Pohon

LAHAT, WARTAINSPIRASI.COM — Dalam memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia (LHS) serta menjaga lingkungan Ekosistem yang ada, membuat Wakil Bupati (Wabup) Lahat H.Haryanto SE MM, bersama SMSI Kabupaten Lahat melakukan penanaman pohon dan penyebaran bibit ikan.

Kegiatan kali ini, dengan mengangkat Tema “Hijaukan Bumi dan Bangkit dari Pandemi untuk Lahat Bercahaya”. Acara tersebut, dilaksanakan dipinggir Lematang Kelurahan Pasar Bawah Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat, pada Jum’at (16/07/2021) kemarin sekitar jam 09.35 WIB.

Turut hadir dalam acara itu, Wabup H.Haryanto SE MM, Kapolres Lahat yang diwakili Wakapolres Lahat Kompol Jossy Adrianto Sst MM, Pjs Sekda Lahat Deswan Irsyad MPdi, Dandim 0405/Lahat Letkol Kav Syawaf Al Amin SE MSi, diwakili Pasi Intel Kodim 0405 Lahat, Ketua LPC, Ketua Gemacita Lahat, Kepala DLH Lahat, Kadinkes Lahat, kabag Kesra Setda Lahat Asisten III, Camat kota Lahat, Danramil kota Lahat, tim PKK Lahat, pelajar yang mendapat juara di perlombaan serta ketua SMSI Lahat dan jajarannya.

Nopiriadi selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini seharusnya dilakukan tanggal 5 Juni 2021 kemarin, namun, dikarenakan situasi dan kondisi baru dapat terlaksana hari ini.

“Alhamdulillah, kegiatan yang ada dapat terlaksana atas kerjasama SMSI Lahat bekerjasama dengan PTBA Tbk dan Pemkab Lahat melalui DLH Lahat dan Dinas Perikanan Lahat. Meliputi 5 rangkaian kegiatan diantaranya, lomba video tentang lingkungan hidup, lomba fotografi, lomba baca puisi dengan tema lingkungan hidup dan penanaman pohon serta pelepasan benih ikan,” terangnya.

Ketua SMSI Lahat Dafri Yozhari FR mengucapkan, Terimakasih atas dukungan semua dinas terkait, dan mengapresiasi kepada Pemkab Lahat, PT Bukit Asam Tbk, DLH Lahat, dan Dinas Perikanan Lahat serta seluruh rekan rekan SMSI Lahat yang ikut turut berpartisipasi hingga, kegaiatan dapat terlaksana sesuai dengan harapan.

“Semua ini, untuk menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan kita, dan giat ini merupakan salah satu program SMSI Kabupaten Lahat, dengan penanaman pohon semoga dapat mengurangi efek polusi dan menjaga kestabilan alam saat ini,” imbuh Dafri.

Sementara, Wabup Lahat H.Haryanto SE MM menyampaikan, dalam memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia (LHS) dan ini membuktikan kecintaan terhadap Alam, tujuannya, agar hidup ini nyaman, dan tenang.

Dengan menjaga lingkungan hidup, kata Wabup Lahat, seperti menanam pohon akan menjaga dan mengantisipasi terjadinya erosi atau banjir besar yang dapat mengancam saat memasuki musim kekeringan atau kemarau.

“Maka dari itu, saya mengajak semua masyarakat Lahat agar dapat selalu menjaga ekosistem yang ada. Karena, hutan hutan kita mulai menipis, oleh karenanya, dalam memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada Hari ini ayo.!!! Kita jaga kebersihan dan kelestarian lingkungan kita, tidak menebang pohon sembarangan, serta jangan menyetrum apalagi memutas sebab akan merusak semua kehidupan ekosistem diair tersebut, dan jangan membuang sampah sembarangan,” tukas Wabup Lahat.

Terakhir kegiatan ditutup dengan penyerahan Piala untuk peserta yang memenangkan perlombaan, kemudian Forkompimda Lahat melaksanakan penanaman pohon dan penebaran bibit ikan ke Sungai Lematang. (Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed