oleh

Program Stunting Bidang CK PUPR Kaur Sektor Pengendalian Tahun 2021

KAUR, WARTAINSPIRASI.COM — Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) yakni Pamsimas, KotaKu, PISEW, Sanimas dan SPAM Padat Karya Pedesaan) di lingkungan Balai Prasarana Permukiman Wilayah di kabupaten kaur pada Jenderal Cipta Karya pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan provinsi Bengkulu.

Selama 3 tahun terakhir stunting mendapatkan isu aktual dan tengah mendapat perhatian besar dari pemerintah dan berbagai pihak. Dimana Stunting yang merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak berusia di bawah lima tahun (balita) sangat butuh penanganan yang melibatkan semua sektor. Dimana pencegahannya dapat dengan dua langkah yakni : intervensi gizi secara spesifik dan intervensi gizi sensitive.

Kabid cipta karya PUPR kabupaten kaur provinsi Bengkulu , Doni Eka Saputra ST dalam keterangannya Intervensi Gizi Sensitif dalam upaya percepatan pencegahan stunting di kabupaten kaur dalam program Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah pada bidang Cipta Karya provinsi Bengkulu tahun 2021 ini , mendapatkan beberapa program infrastruktur kerakyatan berbasis masyarakat yang dianggap sangat strategis untuk percepatan pencegahan stunting.

Program itu adalah, program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat atau Pamsimas, program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW), program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas),dan program SPAM Padat Karya Perdesaan, Semua program tersebut telah memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap penurunan prevalensi stunting dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat di propinsi Bengkulu kabupaten kaur,” ujar Kabid.

Lebih lanjut Doni mengatakan untuk tahun 2021 ini jumlah penerima program stanting sebanyak 20 desa , mulai dari tahun 2019 telah mendapat kan bantuan program stanting sebanyak 10 desa . hingga tahun 2021 menjadi 20 desa,” papar Doni.

Berikut nama desa yang mendapatkan program stunting di Kabupaten Kaur.

-Desa Padang tinggi kec.tanjung kemuning .
-Desa pengubaian kec.kaur selatan
-Desa Tanjung betuah kec Nasal
-Desa air batang kec.nasal
-Desa air pahlawan kec Nasal
-Desa suka jaya kec.nasal
-Desa sumber harapan kec Nasal
-Desa muara dua kec Nasal
-Desa mentiring dua kec semidang Gumai
-Desa awat mate kec Semidang Gumai
-Desa tugguk kec luas
-Desa cahaya negeri kec.luas
-Desa cucupan kec tetap
-Desa babat kec.tetap
-Desa datar lebar 1, kec lungkang kule
-Desa datar lebar 2, kec lungkang kule
-Desa talang Jawi dua kec pagulir
-Desa talang Padang kec pagulir
-Desa Bandu agung kec kaur Utara
-Desa Tanjung Betung Kec kaur Utara
Laporan: Marjhon

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed