oleh

Kadishub Sorong Selatan Pertanyakan Insentif dan Lauk ASN Triwulan 2021

SORONG SELATAN, WARTAINSPIRASI.COM – Insentif bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Wilayah lingkungan Pemerintah kabupaten Sorong Selatan, merupakan kesejahteraan dan harapan bagi mereka, saat ditemui di Kantornya salah seorang Kepala Dinas di Kabuapen Sorong Selatan Bapak Mesakh  Kokurule prihatin dengan keadaan ASN yang pada saat ini tidak lagi beraktifitas  seperti biasanya, menjalankan kewajibannya sebagai Pegawai Negeri Sipil sorong selatan dikarenakan upah insentif mereka belum dibayarkan sampai saat ini.

Dalam penjelasannya kepada awak media, terkait upah insentif kepada ASN Sorong Selatan, senjak Januari hingga sampai bulan september (triwulan tiga) ini Pemda Sorong Selatan belum melakukan pembayaran Insentif dan uang lauk pauk belum dibayarkan, mengingat dimasa pandemi Dovid-19 PNS juga mulai terkena imbasnya dari masalah Covid-19 ini.

Mesakh Kokurule yang sehari-hari dipanggil dengan kakak Mesko adalah kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sorong Selatan aktif, penyampaian kepada awak media, “Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong Selatan ,dalam hal ini adalah Bupati ,seharusnya mensosialisasikan Kenapa tidak dibayarkannya Insentif dan uang lauk pauk mereka, kewajiban kami sebagai Pegawai Negeri  Sipil sudah dilaksanakan sesuai aturan ASN ,namun hak kami kenapa sampai sekarang belum dibayarkan, ada apa dengan semua ini,” tuturnya.

Pemerintah harus memperhatikan hal ini, apabila tidak laksanakan , akibatnya akan berimbas pada aktifitas seluruh pegawai yang berada pada lingkungan pemerintah daerah kabupaten sorong selatan

Di lihat dari tahun – tahun sebelumnnya ,pegawai bekerja sesuai tugas mereka terlaksana dengan baik, dan melaksanakan kewajibannya  sebagai pegawai negeri  sipil. Namun di tahun 2021 hampir Triwulan ketiga tidak dibayarkan, Kepala Daerah Kabupaten Sorong Selatan harus menjelaskan kenapa mereka ,kenapa uang isentif mereka tidak ada dan tidak dibayarkan? Apakah uang tidak cukup atau khas Daerah kosong Bupati harus menjelaskan hal ini. Pembayaran insentif ini bisa naik, bisa juga turun ,namun tidak boleh dihilangkan karena ini merupakan kesejahteraan Pegawai Negeri Sipil Daerah Sorong Selatan.

Kaka Mesko sangat prihatin melihat keadaan Pegawai Negeri Sipil pada saat ini, dilihat dari biaya ekonomi yang sangat tinggi di Sorong Selatan ,apalagi pada biaya transportasi bagi mereka sangat sulit untuk biaya seperti ini, di lihat dari jarak Kantor Bupati dengan pemukiman mereka , sangatlah  jauh dan membutuhkan biaya tambahan transportasi bagi mereka, harapan upah Insentif ini bisa menopang keadaan mereka saat ini sebagai pegawai negeri sipil.

Seharusnya pemda memperhatikan hal ini, dapat di katakan ini merupakan persoalan krusial bagi Pemerintah Daerah yang seharus dibahas bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sorong Selatan.

INSENTIF DAN UANG LAUK PAUK SUDAH MERUPAKAN HAK ASN KARENA KEWAJIBAN ASN SUDAH BEKERJA. INSENTIF DAN UANG LAUK PAUK DI BAYAR TENTU ADA ATURAN YANG MENGATUR HAL ITU .KALAU TIDAK DI BAYAR JUGA ADA ATURAN. BUKAN DIAM DIAM SAJA. ADA RAPAT PIMPINAN OPD DAN PERWAKILAN ESALON III & IV DARI MASING-MASING OPD LALU DI JELASKAN KENAPA TIDAK ADA INSENTIF DAN UANG LAUK PAUK DI TAHUN 2021 INI. KALAU ASN SAJA SUDAH TIDAK DI PIKIRKAN KESEJAHTRAANNYA APALAGI MASYARAKAT KAB.SORSEL. INI HAK PEGAWAI PEMDA SORSEL .KEWAJIBAN ASN MEREKA SUDAH MELAKSANAKAN TUGAS.

Hal ini tidak boleh dipandang persolan biasa karena imbasnya pada aktifitas pegawai negeri yang seharusnya dapat berimbang pada dampak perokonomian Daerah Sorong Selatan. Ditanyakan terkait pembayaran Insentif pegawai, Kaka Mesko menyampaikan kepada awak media, “ ya kalau tidak dibayarkan kami  seluruh pegawai akan bersatu saja , dan kita demo Pemerintah Sorong Selatan untuk menuntut hak kami sebagai pegawai negeri terkait upah kami insentif  pegawai. Dan tidak akan melaksanakan kegiatan seperti biasa sebagai pegawai negeri kantor-kantor di tutup saja. karena insentif itu merupakan hak pegawai yang tidak boleh di hilangkan.

Kenapa Bupati dan DPRD Sorong Selatan tidak pernah memikirkan kesehteraan ASN yang selama sudah melaksanakan tugasnya dengan baik. Untuk persoalan seperi ini saja ,tidak bisa di selesaikan bagaimana memimpin rakyat,” tuturnya.

Dengan mewakili seluruh pegawai di Sorong Selatan, Mesakh kokurule menyampaikan kepada Pemerintah Daerah, “ mau di bayar atau tidak kami harus diundang dan harus ada kepastian serta di sosialisasikan terkait hak kami,” ungkapnya. (Iwan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed