oleh

Tingkatkan Cakupan Pelayanan Teknis, Direktur PDAM Targetkan ke Depan Kota Lahat 60 Persen

LAHAT, WARTAINSPIRASI.COM – Demi untuk memberikan pelayanan semaksimal mungkin, dalam kebutuhan air bersih kepada masyarakat Kabupaten Lahat, dibawa Pimpinan Direktur PDAM Tirta Lematang Lahat H. Anda Wijaya S.Kom, PIA, terus berupaya memberikan peningkatan.

Akan tetapi saat ini, untuk cakupan pelayanan teknis Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Lematang Kabupaten Lahat masih diangka 10 Persen, hal tersebut dikarenakan jaringan yang sangat minim, bahkan, ada pipa lama yang tidak berfungsi lagi.

“Benar, saat ini cakupan Pelayanan teknis untuk Kabupaten Lahat baru 10 persen, dibandingkan jumlah penduduk di Kabupaten Lahat, sedangkan, untuk Kota Lahat mencapai 28 persen. Maka dari itu, target kedepan kita paling tidak untuk Kota mencapai 60 persen,” tegas Direktur PDAM Tirta Lematang Lahat H. Anda Wijaya S.Kom, PIA, pada Selasa (21/09)2021) kemarin.

Semua itu, diakui Anda Wijaya, potensi untuk Kabupaten Lahat sebenarnya sangat tinggi, inilah yang menjadi tugas Perusahaan milik Daerah ini, terus berupaya memberikan peningkatan terutama dalam pelayanan Teknis.

Tidak bisa dipungkiri, dan disadari oleh Direktur PDAM Tirta Lematang Lahat, sewaktu dirinya menjabat kondisi Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Lematang ditahun 2020 lalu, sudah dalam kondisi katagori “Sakit” dan saat ini kondisinya telah mengalami peningkatan menjadi “Kurang Sehat”

“Oleh karenanya, menjadi tugas kita kedepan meningkatkan pelayanan Teknis untuk di Kecamatan Kota Lahat dengan target kita diangka 60 persen, karena potensi dalam Kota sangat tinggi,” tambahnya.

Tidak itu saja, dijelaskan Anda Wijaya, kondisi saat ini PDAM Tirta Lematang sudah berangsur mandiri dan berencana membuat Peraturan Daerah (Perda) penyertaan modal. Sehingga, PDAM tidak lagi menjadi beban Pemerintah Daerah (Pemda).

“Kalau nanti sudah terbentuk Perda ini kedepan PDAM akan berubah menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda). Semoga apa yang kita harapkan ini bisa terealisasi,” urainya lugas.

Sedangkan, untuk di luar Kecamatan Kota Lahat seperti Kecamatan Tanjung Sakti, Jarai, Kota Agung dan Pseksu juga akan ditingkatkan mengingat di Kecamatan tersebut juga ada IKK.

“Termasuk, Kecamatan Lahat Selatan yang berdampingan dengan Kecamatan Kota juga berpotensi besar. Sudah kita pelajari hal tersebut, sehingga, kedepan PDAM Tirta Lematang tidak memintak modal lagi dengan Pemerintah Daerah, semoga saja dapat terealisasi,” harap Direktur PDAM Tirta Lematang Lahat. (Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed