oleh

Masyarakat Inginkan Jabatan Wabup Dan Sekda Defenitif Segera Diisi

MUARA ENIM – Sudah cukup lama jabatan Wakil Bupati (Wabub) Muara Enim kosong. Begitu juga, jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Muara Enim yang hanya diisi penjabat (Pj) Sekda saja. Masyarakat mendambakan kedua jabatan itu dapat diisi dan didefenitifkan sesuai aturan berlaku.

Salah satu Tokoh Masyarakat Muara Enim, Bambang Hermanto SH MH menegaskan, dengan adanya kekosongan jabatan Wabup dan juga jabatan sekda yang hanha diisi oleh seorang penjabat. Tentu, hal ini sangat disayangkan jika terus berlarut-larut dibiarkan, tanpa adanya jabatan dfenitifnya.

“Saran saya sebagai masyarakat Muara Enim, untuk proses jabatan Wabup, jika melihat aturan jangan sampai masa periode jabatan bupati tinggal 1,5 tahun. Sekarang belum terlambat untuk proses mengisi jabatan wabup,” kata Bambang, pada Kamis (14/10/2021).

Ia mengatakan, urusan partai pendukung itu tentu urusan internal politik partai masing-masing. Tentu, yang terpenting masyarakat yang menunggu siapa yang akan mengisi jabatan Wabup Muara Enim, yang sudah lama kosong.

“Ini tinggal kesepakatan partai pendukung. Kenapa sampai sekarang belum ya?. Karena kita sebagai masyarakat merasa dirugikan juga, karena belum ada yang mengisi jabatan Wabup Muara Enim sampai sekarang, Wabup kita, jadi kita sebagai masyarakat berhak juga meminta Wabupnya,” ujar Bambang.

Ia mengatakan, benar saat ini jabatan Bupati digantikan oleh seorang Penjabat (Pj) Bupati yang ditunjuk Gubernur, agar roda pemerintahan tetap berjalan sebagaimana mestinya. Namun, tentunya kekosongan jabatan Wabup musti diisi juga, dan tentunya sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Siapa saja duduk dijabatan Wabup nantinya terserah. Yang terpenting kekosongan jabatan Wabup dapat segera diisi,” harapnya.

Terkait jabatan sekda, tentunya sudah sangat layak untuk ada sekda defenitif. Bukan diisi oleh seorang Pj Sekda saja sampai sekarang. Tentunya juga, prosesnya melalui lelang jabatan atau job fit. Sehingga, nantinya jabatan sekda bisa dijabat oleh seorang Sekda yang defenitif.

Sedangkan, salah seorang Tokoh Masyarakat sekaligus mantan Sekda Muara Enim H Taufik Rahman SH MH saat diminta pandangan, terkait belum adanya jabatan Sekda defenitif di Muara Enim. Untuk proses mengisi Sekda Defenitif, tentunya bisa melalui proses lelang dan juga bisa melalui proses Job Fit.

“Kita sebagai masyarakat berharap harus sudah ada jabatan Sekda Drfenitif. Sebab, status hukum seorang Penjabat dengan defenitif itu beda ya. Apalagi Sekda itu, sebagai Ketua Tim Anggaran,” harapnya.

Ia menambahakan, ia sebagai masyarakat berharap untuk jabatan sekda defenitif bisa segera di proses. Sehingga, kebijakan dan juga hal-hal lainnya yang tidak bisa dilakukan langsung oleh seorang penjabat bisa dilakukan sesuai dengan aturan dan tangung jawabnya sebagai sekda defenitif.

“Ya kita ini, sebagai masyarakat ini, hanya bisa berharap, ya berharap. Itu tergantung dari kebijakan pemerintah,” tutupnya.

Terpisah, Kepala BKPSDM Muara Enim Harson Sunardi SA P MSi mengatakan, sampai sekarang belum ada perintah untuk melakukan lelang jabatan sekda.

“Belum ada (lelang jabatan sekda), kita hanya menunggu perintah dari Bupati,” pungkasnya. (Deri Zulian)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed