oleh

Gubernur Lantik dan Kukuhkan Pengurus KTNA Provinsi Sumatera Selatan 2021- 2026

Muara Enim – Kegiatan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) XIV Tahun 2021 digelar Kecamatan Semende Raya, Kabupaten Muara Enim.

Setelah mengalami penundaan karena pandemi Covid-19, akhirnya Pelaksanaan Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XIV tahun 2021 digelar Kecamatan Semende Raya, Kabupaten Muara Enim. 15/11/2021.

Sesuai dengan bidangnya, KTNA mempunyai tujuan khusus yaitu pengembangan usaha-usaha Pertanian. Kemudian memperjuangkan hak petani, serta ikut membimbing penerapan teknologi yang mengarah pada sistem agribisnis, baik hulu maupun hilir.

Dengan di Pusatkan kegiatan Upacara Pembukaan di Lapangan Batu Tiking Desa Pulau Panggung Semende Darat Laut acara ini dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru, SH.M.M (HD) didampingi Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU).

Ketua Umum KTNA Nasional HM Yadi Sofyan Noor serta Ketua KTNA Prov. Sumsel HM Basyir DA yang ditandai dengan pemukulan getok (kentongan) secara bersama-sama,

Nampak Hadir juga dalam Upacara pembukaan PEDA KTNA ke XIV tahun 2021 ini Bupati /Walikota se-Sumsel termasuk juga perwakilan dari Menteri Pertanian RI Kepala Sekolah SMK Pertanian Sembawa.

Unsur Forkopimda Provinsi Sumatera selatan, Unsur Forkopimda Kabupaten. Muara Enim, para Pejabat dari Prov. Sumsel termasuk juga Pejabat Kab/Kota se-Sumsel, Ketua TP. PKK Kab. Muara Enim termasuk para Ketua TP. PKK Kab/Kota se-Sumsel.

Para peserta Sekolah Lapangan Tani SL-IPDMIP Kabupaten Muara Enim yang ikut berperan serta Berpartisipasi dalam mensukseskan PEDA XIV KTNA 2021ini juga tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut Gubernur Sumatera Selatan secara resmi Melantik dan mengukuhkan Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan KTNA Provinsi Sumatera Selatan masa bakti 2021- 2026.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumatera Selatan menyampaikan “Bahwa Kami yakin dan percaya kepada saudara-saudari dalam melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab, Semoga tuhan yang maha Esa selalu meridhoi langkah kita semua.

“Dengan disaksikan sang pencipta, dikelilingi bukit barisan nan hijau, saya mengajak semua Bupati / Walikota di Provinsi. Sumsel serta semua pemangku kepentingan untuk memprioritaskan pertanian sebagai icon-nya Sumsel.

Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama para petani dan nelayan telah menggelorakan semangat bertani yang diwujudkan dalam pelaksanaan PEDA KTNA di Bumi Serasan Sekundang,” Jelas HD, dalam sambutannya usai mengukuhan Pengurus PEDA KTNA Tingkat Provinsi. Sumsel.

Sementara itu, sejalan dengan apa yang diutarakan Gubernur Sumsel, Pj Bupati Muara Enim menegaskan bahwa Pemkab. Muara Enim tentunya berkomitmen mendukung cita-cita Bapak Gubernur untuk mewujudkan Sumatera Selatan sebagai Lumbung Pangan dan Food Estate Nasional.

Oleh sebab itu, Pemkab. Muara Enim telah menetapkan lahan pertanian berkelanjutan seluas 16.512 (enam belas ribu lima ratus dua belas) hektar yang tersebar di 17 kecamatan yang telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Bupati Muara Enim Nomor 56 Tahun 2020 tentang Rencana Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan.

Tak lupa, Pj Bupati Muara Enim menyapa peserta KTNA yang berasal dari seluruh penjuru Prov. Sumsel dan selaku tuan rumah dirinya berharap agar para peserta dapat merasa nyaman selama berada di Bumi Tunggu Tubang, Dataran Tinggi Semende, Kabupaten Muara Enim,” tutupnya. (Erwin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed