oleh

Harga Cabe Keriting Tembus Rp.46 Ribu Perkilo Gram

LAHAT, WARTAINSPIRASI.COM — Beberapa aitem harga pangan usai dari Pandemi Covid 19, yang dijual oleh para Pedagang di Kabupaten Lahat mengalami kenaikan secara Signifikan.

Berdasarkan informasi dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lahat mencatat, sejumlah harga pangan yang beredar di Pasaran mengalami lonjakan. Seperti, harga minyak goreng kemasan diangka Rp.19 ribu/kantong, cabe merah kreting Rp.46 ribu/kilo, dan telor ayam ras Rp.26 ribu/kilo gram.

“Benar, ada beberapa aitem harga pangan ditengah pedagang yang kami catat mengalami kenaikan cukup Signifikan,” ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lahat, Ramai SIP MM, pada Selasa (09/11/2021) kemarin.

Diakui Ramai, menurut data terakhirnya awal November 2021 mencatat, bahan pangan yang mengalami lonjakan diantaranya, cabe merah keriting yang naiknya Signifikan dari harga Rp.26 ribu/kilo meningkat menjadi Rp.46 ribu/kilonya.

Lalu untuk bahan pangan lainnya dijelaskan Ramsi, menyusul harga daging ayam ras dijual dipasaran dengan harga Rp.30 ribu, kini turun menjadi Rp.29 ribu/kilo, telor ayam biasanya seharga Rp.20 ribu, menjadi 26 ribu, dan minyak goreng naik lagi menjadi Rp.19 ribu/liter.

“Data yang kita dapat beberapa hari lalu yang menonjol naik yakni cabe merah keriting, telur ayam ras dan minyak goreng,” tambahnya.

Bahkan, diketahui kata Ramsi, untuk harga minyak goreng sendiri terus merangkak naik terus, data terakhir sudah mencapai diangka Rp 19 ribu, padahal pada akhir Oktober tidak sampai 19 ribu harganya.

“Semua ini, kemungkinan harga sawit yang mengalami kenaikan, itulah penyebab harga minyak sawit juga ikut naik. Namun, belakangan cabe merah keriting yang menjadi perbincangan ditengah masyarakat yang naiknya Signifikan,” cetus Ramsi.

Nah, untuk cabe merah keriting sendiri, menurut Ramsi mengalami lonjakan Signifikan, kemungkinan harga faktor cuaca yang musim hujan sehingga cabe dinilai mudah cepat busuk.

“Kami menilai untuk cabe merah keriting, dikarenakan faktor cuaca, sedangkan telur kemungkinan karena permintaan yang tinggi,” bebernya lagi.

Akan tetapi, ditegaskannya, untuk harga gula pasir sendiri masih normal diangkat Rp 12.500. Termasuk, harga beras masih normal, baik beras Premium dan Medium.

“Daging ayam Ras turun sebelumnya Rp 30 Ribu menjadi Rp 29 Ribu, bawang putih normal dan bawang putih Brebes turun yang sebelumnya dijual dipasaran dengan harga Rp.26 ribu/kilo kini turun menjadi 24 ribu/kilo,” pungkas mantan Sekwan DPRD Lahat ini. (Din)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed