oleh

Keren, Imigrasi Muara Enim Raih Predikat WBBM Satu-Satunya di Pulau Sumatera

MUARA ENIM, http://wartainspirasi.com

Meski seluruh wilayah diterpa virus Covid-19 yang berasal dari Wuhan China, tidak menyurutkan Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim, untuk terus berbenah dan melahirkan trobosan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Terobosan inovasi itu sendiri sebagai salah satu bentuk komitmen bersama seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim dalam pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK/WBBM. Alhasil, Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim satu-satunya kantor pelayanan dengan predikat zona integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani atau WBBM Se-Sumatera Selatan.

“Syukur Alhamdulilah berkat kerja keras selama dua tahun ini. Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim satu-satunya kantor pelayanan Se- Sumatera Selatan meraih penganugrahan predikat zona integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani atau WBBM,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim Made Nur Hepi Juniartha didampingi Kasi Humas Imigrasi Muara Enim Deni Hardianto, Senin (20/12/2021).

Tentunya pencapaian penghargaan tersebut, kata dia, berkat semua unsur internal mulai dari Non ASN sampai dengan pejabatnya. Dan yang peling penting, lanjutnya, unsur dari masyarakat. Kenapa masyarakat, sambung Made, berkat masyarakat pihaknya bisa berbenah diri karena masukan dari masyarakat salah kunci untuk memperbaiki diri sehingga pihaknya bisa memberikan pelayanan lebih maksimal kepada masyarakat.

“Kami ucapkan terima kasih atas peran serta masyarakat dan akhirnya Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim berhasil meraih predikat zona integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM),” ucapnya.

Dikatakanya, untuk pencapaian meraih predikat zona integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) banyak aspek unsur penilaian antara lain adanya inovasi dalam memberikan pelayanan. Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim sendiri, lanjutnya, memiliki inovasi unggulan yakni inovasi layanan Three In One Si Mamat (Imigrasi Manjakan Masyarakat).

Dimana dalam satu layanan kegiatan keimigrasian permohonan paspor Republik Indonesia ada tiga unsur atau tiga inovasi didalamnya. Pertama adalah inovasi layanan Paling Jempol (Paspor Keliling Jemput Bola). Kedua inovasi Immigration Ranger dimana pihaknya bekerjasama dengan Kantor Pos untuk bisa ikut serta layanan Three In One Si Mamat dalam hal pembayaran dan pengiriman Paspor sampai tempat tinggal alamat pemohon Paspor. Dan yang terakhir yaitu layanan Inovasi IKM Pintar terhadap (Indeks Kepuasan Masyarakat Penilaian dan Komentar masyarakat).

“Setelah masyarakat menerima layanan kami (Imigrasi, red), kita minta masyarakat untuk menilai tentang kinerja layanan Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim. Sebab penilaian masyarakat tersebut sebagai masukan terkait layanan,” terangnya.

Lanjut Made, Inovasi Three In One Si Mamat juga didukung peran serta antara Pemda dan Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim. Dimana Support dari Pemda ini dijadikan suatu kolaborasi sehingga pihaknya bisa melayalani masyarakat yang tampatnya sangat jauh khususnya di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II Muara Enim yakni 9 Kabupaten 2 Kota. “Masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Kantor Imigrasi. Melainkan kami yang akan datang, masyarakat cukup duduk saja dan kami juga akan mengantarkan paspornya kerumah mereka Masyarakat,”pungkasnya. (RI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed