oleh

Masyarakat Kaur Dukung Program Bantuan Sandes Pelaksana Swadaya Masyarakat

Kaur, http://wartainspirasi.com
Adanya program Sandes dari tahun ke tahun masuk ke Desa di Kabupaten Kaur masyarakat mendukung penuh dengan terlibatnya swadaya masyarakat dalam program tersebut, dimana masyarakat dapat secara langsung mengerjakan dan mengawasi di kegiatan tersebut.

Salah satu pantauan media di desa yang mendapatkan program Sandes di Desa Suka Jaya Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur, program sandes ini sudah 99 % akan selesai. Desa ini telah mendapatkan bantuan MCK sebanyak 50 unit dalam kegiatan ini warga penerima manfaat menjadi pelaku utama mengerjakannya dalam bentuk HOK dan ada beberpa bagian juga dikerjakan non HOK.

Salah satu penerima manfaat MCK Rika saat dibincangi media dikediamannya menyampaikan, ” dengan adanya program Sandes masyarakat dapat terbantu sekali dalam penyediaan MCK dirumahnya, kalau untuk membuat MCK dari dana pribadi mungkin sulit akan terbangun MCK seperti ini, biarlah untuk BABS aja,” ujarnya.

Pembuatan MCK ini melibatkan secara langsung warga penerima MCK dengan di upah HOK dan juga ada pekerjaan yang memang kami swadayakan non HOK, misalnya menggali lubang septic Tank. Dengan demikian kami penerima manfaat bisa membuat bangunan itu lebih baik dan lebih menarik tergantung dengan selera kami asal dana yang tidak tercukupi kami yang membiayai, misalnya lantai keramik dan membuat plafon,” tambahnya.

Sementara Kepala Desa Suka Jaya melalui Ketua KSM Iskandar, ” bahwa untuk saat ini di Desa Suka Jaya tahun ini mendapatkan 50 unit, pada tahun 2020 sekitar 20 unit dan mudah-mudahan tahun 2022 akan mendapatkan kembali sehingga masyarakat yang belum tersentuh bantuan MCK akan dapat tahun 2022 sesuai dengan juklak-juknis,” ungkapnya.

Disebutkan dalam kepengurusan KSM di Desa Suka Jaya tahun ini yakni, Ketua Iskandar, Sekretaris Agus Sutasmin dan Bendahara Edi Asmoro,” ujarnya Minggu (5/12/21).

Laporan: Marjhon 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed