oleh

Tak Tersentuh Rehab, Kadis Diknas Kaur: Kesalahan Sekolah Data Dapodik tidak Ril

KAUR, http://wartainspirasi.com

Beberapa bangunan sekolah yang disinyalir parah dan belum tersentuh rehab, hal ini pihak sekolah tidak bisa kecewa dengan pihak Diknas sebabkan data Dapodik yang disampaikan oleh pihak Sekolah ke aplikasi Trisna kurang akurat alias tidak ril.

Salah satu penyebab utama kenapa sekolah yang bangunannya sudah layak direhab tapi tidak dapat bantuan,” kata Kepala Dinas Endi Yurizal SP pada hari Senin (6/11/21).

Dikatakan oleh Kepala Dinas, bahwa dalam menginput data sekolah masih banyak yang kurang riL, memang ada muncul pertanyaan dan pemberitaan ada sekolah yang sudah layak direhab tapi tidak dapat bantuan rehab, hal itu tidak dipungkiri bisa terjadi karena yang utama memberikan usulan itu pihak sekolah sendiri dengan detail yang terinci didapodik.

Mungkin saja dilaporan dapodik sekolah itu tujuan utama adalah mengejar akreditasi sekolah yang baik dan benar akan tetapi akhirnya usulan bangunan sekolahnya terabaikan dan kurang ril.

Mengapa ada sekolah yang sudah beberapa kali dapat bantuan rehab yang pertama data dapodiknya riL dan dikaji oleh Bapenas serta Kemdikbud dari data yang sudah masuk itu di turunkan ke Diknas untuk dikaji oleh pihak teknik.

” Dari kajian itulah maka sekolah yang sudah masuk ke data Kementerian akan diusulkan untuk direhab. Jadi, kita sudah anjurkan beberapa kali ke pihak sekolah agar data dapodiknya benar-benar ril dan akurat,” ujar Kadis Diknas Kaur.

Di waktu berbeda Kabid Dikdas Lisarmawan menambahkan, jika untuk bangunan yang akan diusulkan tahun 2023 diharapkan peran media juga dapat memberikan informasi dimana saja sekolah-sekolah yang layak segera direhab dan dibangun agar Diknas dapat membantu untuk memuat didata Dapodik Sekolah yang dimaksudkan,” imbuh Lisarmawan.

Laporan: Marjhon

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed