oleh

Bawaslu BolSel Buka Rekrutmen Panwaslu Kecamatan

Wartainspirasi.com, Bolsel — Agenda Pemilu dan Pilkada serentak 2024, tahapannya sudah mulai dilaksanakan dan tentunya sebagai lembaga pengawas pemilu, Bawaslu sudah dan segera akan mempersiapkan segala perangkatnya hingga ke tingkat desa dan kelurahan.

Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bolaang Mongongdow Selatan telah melakukan perekrutan panitia pengawas kecamatan (Panwascam) sejak 21 Sep disetiap Kecamatan yang ada diwilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Bawaslu BolSel Rolis Hasan S.IP bahwa pihaknya mengajak seluruh masyarakat yang ingin dan mau menjadi bagian dari pengawas pemilu, silahkan mendaftarkan diri di Bawaslu BolSel.

“Bagi Masyarakat BolSel yang siap untuk mengikuti Rekrutmen sebagai Panwaslu Kecamatan segera daftarkan diri di kantor Sekretariat Bawaslu BolSel” ucap kata Rolis.

Hal tersebut di iakan salah satu Anggota Bawaslu BolSel Kifli Y. Malonda. ST bahwa saat ini masyarakat yang punya kemampuan, jadilah bagian dari panwas pemilu kecamatan, tak hanya jadi penonton saat pemilu, dan bekerja untuk menciptakan Pemilu yang lebih baik.

Rolis juga menjelaskan bahwa jadi pengawas pemilu memang kadang tidak disukai, karena yang menjadi tugas pengawas adalah untuk mengawasi mereka atau orang-orang yang suka melanggar aturan dalam tahapan pemilu.

Namun, dengan menjadi pengawas pemilu, dikatakan Rolis Hasan S.IP bahwa menjadi bagian penting dalam melahirkan pemimpin yang berkarakter dan berintegritas.

Panwaslu kecamatan adalah panitia yang dibentuk oleh Bawaslu Kabupaten/Kota untuk mengawasi penyelenggaraan pemilu diwilayah kecamatan, dan adapun keanggotaan panwaslu kecamatan sebanyak tiga (3) orang, dimana masa tugasnya berakhir paling lambat dua (2) bulan setelah seluruh tahapan penyelenggaraan pemilu selesai.

Apa saja tugas panwaslu kecamatan..? Berikut adalah tugas dari panwaslu kecamatan;

1. Melakukan pencegahan dan penindakan diwilayah kecamatan terhadap pelanggaran pemilu.

2. Mengawasi pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pemilu diwilayah kecamatan.

3. Mencegah terjadinya praktik politik uang diwilayah kecamatan.

4. Mengawasi netralitas semua pihak yang dilarang ikut serta dalam kegiatan kampanye diwilayah kecamatan.

5. Mengawasi pelaksanaan putusan/keputusan diwilayah

Mengawasi pelaksanaan putusan/keputusan diwilayah kecamatan./

Malonda juga mengajak Para Pencinta Demokrasi untuk datang mendaftar sebagai
Calon Komisioner Panwaslu Kecamatan di Bolaang Mongondow Selatan Pendaftaran telah dibuka sejak tgl 21 September sampai dengan 27 September 2022.

“Jang lupa nhe..
Kong baku kase info akang pa ngoni pe tamang-tamang ”
#AyoAwasiBersama /Onal Mamoto

image_print

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.