Tingginya Intensitas Hujan, Mengakibatkan Akses Jalan Desa Tanjung Sakti Longsor

Wartainspirasi.com, Lahat — Diduga akibat tingginya intensitas curah hujan yang melanda Lahat yang dijuluki Bumi Seganti Setungguan sekitarnya membuat akses jalan di Kecamatan Tanjung Sakti Pumi mengalami longsor, dan menutupi Jalan Lintas Tengah (Jalinteng).

Longsor yang menerjang tepatnya di Liku Anggilan, Desa Tanjung Sakti, Kabupaten Lahat, dan kejadiannya pada Sabtu tanggal 30 Desember 2023, sekira pukul 18.30 WIB.

Beruntung dari kejadian yang ada, tidak sampai menelan korban jiwa. Namun, akses Jalinteng tersebut sempat tertutup sehingga, mengakibatkan kendaraan roda empat tidak bisa melalui jalur tersebut, dan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

Kapolres Lahat AKBP God Parlasro S. Sinaga SH. SIK. MH melalui Kasi Humas IPTU Sugianto, disampaikan Kasubsi Penmas Humas Polres Lahat AIPTU Liespono SH membenarkan telah terjadi longsor diwilayah Polsek Tanjung Sakti.

Akibat dari kejadian ini, sambung Liespono, longsor melibatkan sepanjang kurang lebih 20 meter jalan, menutup badan jalan dan menghambat akses kendaraan dari Manna menuju ke-kota Pagaralam, pun sebaliknya.

“Penyebab longsor adalah intensitas curah hujan yang sangat tinggi di wilayah Tanjung Sakti. Anggota TNI-POLRI masih stanbay dilokasi,” ujar Lispono, pada Minggu (31/12/2023).

Diungkapkan Liespono, untuk pembersihan material Alat berat dari PUPR Balai Besar Palembang sedang ditunggu untuk membersihkan material longsoran.

“Beruntung tidak ada korban jiwa, aktifitas lalu lintas saat ini belum begitu normal, Pengaturan lalu lintas untuk keamanan dan kelancaran agar kendaraa bisa berjalan normal,” pungkas Liespono.

Sementara, Kepala Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Lahat Drs. H. Ali Afandi MM dikonfirmasi membenarkan pihaknya telah menerima laporan dari Camat adanya longsor di Tanjung Sakit Pumi.

“Tim sudah turun kelokasi bahkan alat berat kita stand by kan bahkan kita sampaikan kepada Pegawai kecamatan khususnya Camat untuk terus monitor dan kita bantu,” ujar Kepala BPBD Lahat. (Din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *