Usai Sortir Surat Suara KPU Magetan Lakukan Packing Logistik Pemilu

Wartainpirasi.com, Magetan — Tahapan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak mulai di kebut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Magetan. Setelah sebelumnya KPU Magetan menyelesaikan proses sortir dan lipat surat suara, kini beralih ke tahap penting pengaturan dan pengemasan logistik untuk Pemilihan Umum 2024.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Magetan, Fachrudin saat meninjau Gudang Penyimpanan Logisitik di Desa Baron, Senin (29/01/24).

Fachrudin menyebutkan, tahapan packing logistik pemilu tersebut sudah di mulai sejak dua hari yang lalu dan akan berlanjut hingga akhir Januari. Ia mengaku segala persiapan akan dilaksanakan secara cermat.

“Untuk proses packing sendiri sudah dilaksanakan sejak tanggal 27 Januari kemarin dan dijadwalkan akan berlanjut hingga akhir bulan ini,” ujarnya.

Perlu diketahui, Logistik Pemilu tersebut melibatkan kotak suara yang berisi surat suara dan salinan plano, beserta segala keperluan penting untuk proses pemilihan. Berbeda dengan fase sebelumnya, pengaturan dan pengemasan logistik tersebut melibatkan sekitar 50 pekerja dari masyarakat sekitar gudang.

Fachrudin menekankan pada keterlibatan dua alat khusus untuk pemilih tunanetra di semua Tempat Pemungutan Suara (TPS). Menurutnya, setelah selesai proses packing tersebut rencananya kotak suara akan di distribusikan ke 2.012 TPS mulai tanggal 11 Februari 2024.

“Kotak suara akan kita kirim ke Kecamatan pada tanggal 11-12 Februari, lalu bergeser ke Desa pada tanggal 13 Februari atau sehari sebelum Pemilu,” kata Ketua KPU Magetan.

Lanjut Fachrudin, “Progres teliti ini mencerminkan komitmen KPU Magetan untuk memastikan proses pemilihan yang lancar dan terorganisir, membentuk dasar bagi ungkapan demokrasi kehendak rakyat dalam Pemilu yang akan datang,” pungkasnya. (Mas)