28 KPM Desa Muara Dua Terima BLT Kemiskinan Ekstrim Triwulan Kedua

BENGKULU, Berita, Daerah, Kaur262 Dilihat

wartainspirasi.com – Memasuki Lebaran Idul Adha Pemerintah Desa Mura Dua kecamatan Nasal Kabupaten Kaur melaksanakan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahun 2023 Tahap Kedua di Balai Desa Muara Dua, Senin (25/6/23).

Sebanyak 28 keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima uang tunai dalam BLT DD tahap kedua ini sejumlah Rp. 900.000,- untuk 3 bulan yaitu dari April, Mei sampai dengan Juni 2023.

Adapun kegiatan pembagian BLT DD tahap kedua telah dilaksanakan oleh Pemdes Muara Dua yakni, Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD dan anggota didampingi oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas Polsek Nasal, Camat, BPD, PLD, PD dan PDTL.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 tahun 2022 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2023 yang isinya yaitu Pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa bagi keluarga miskin ekstrim merupakan amanat dari Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Untuk Desa Muara Dua besaran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) mengalokasikan BLT-DD 15 persen dari total pagu Dana Desa, senilai Rp. 100.800.000 .untuk BLT DD tahun 2023.

Dalam kajian dari kriteria Penerima BLT DD diantaranya keluarga miskin ektrim, keluarga yang terdapat anggota keluarga rentan sakit menahun/kronis, keluarga dengan anggota rumah tangga tunggal lanjut usia dan keluarga yang terdapat anggota keluarga difabel.

“ Untuk mendapatkan BLT DD Tahun 2023 ini adalah warga miskin yang belum tercover bantuan dari pemerintah seperti PKH dan BPNT. Harapannya dengan adanya BLT DD yang kita bagikan hari ini dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat kurang mampu” ujar Ansori Kepala Desa Muara Dua.

Kades juga menambahkan, dengan adanya bantuan BLT-DD ini supaya dapat digunakan untuk keperluan anak sekolahnya, jangan sampai ada lagi memakai celana bolong, sepatu bolong, dan tas robek, selain untuk kebutuhan makan dan minum juga tak kalah pentingnya untuk keperluan anak sekolah,” pesan Kades.

Sementara Pendamping Teknis Desa, Sandy Lopres. ST menyampaikan, selain program BLT DD, untuk program lain yang berkaitan langsung ADD dan DD yang ada di Desa Muara Dua.

Diharapkan agar transparan serta mengikuti kesepakatan Musyawarah Desa sehingga pelaksanaan dan merealisasikanya dapat berjalan dengan baik di terima masyarakat dan lainnya,” himbau Sandy.

Sedangkan pihak Kecamatan, ” harapannya uang tunai yang diterima oleh masyarakat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari – hari serta dapat membantu meringankan ekonomi masyarakat,” sampai Camat. (Mj)