Apel Kesiapsiagaan Bencana Mensinergikan Seluruh Elemen di Kaur

BENGKULU, Berita, Daerah, Kaur263 Dilihat

Wartainspirasi.com — Dilapangan Pemda Kaur Padang Kempas diadakan apel siaga bencana yang diikuti oleh ratusan personil yang terdiri dari unsur TNI/Polri, BPBD, Satpol PP, Damkar, BASARNAS, Tagana dan relawan bencana, Kamis (30/3/23).

Apel siaga bencana ini telah dipimpin langsung Bupati Kaur H. Lismidianto. SH.,MH didampingi Kapolres Kaur AKBP. Eko Budiman, S.IK, M.IK, M. Si, Komandan Kodim 0408/BS -Kaur Letkol Inf Aswin Suladi, S.E,. M.AK. , Danpos AL Letda Adjid dan Sekda Dr. Drs. Ersan Syahfiri. MM.

Bupati Kaur selaku Inspektur menyampaikan, adapun tujuan apel kesiapsiagaan ini adalah untuk mensinergikan seluruh elemen masyarakat, Pemerintah dan pihak Swasta dalam menghadapi bencana serta upaya mitigasi bencana, baik melalui pembangunan fisik, maupun penyadaran dan peningkatan kapasitas dalam kemampuan menghadapi bencana yang mungkin terjadi di Wilayah Kabupaten Kaur .

“ Dalam kegiatan ini semua elemen terkait nerupakan bagian sarana untuk mengetahui kesiapan kita, baik personil maupun sarana dan prasarana logistik dari berbagai unsur pendukung dalam penanggulangan bencana.

Karena itu Penanganan bencana menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah yang dibebani dalam urusan bencana , Namun semua pihak, baik dunia usaha dan masyarakat dan para insan pers agar dapat memberikan informasi yang baik kepada seluruh masyarakat,” sampai Bupati.

lebih lanjut , Bupati mengambarkan bahwa Kabupaten Kaur merupakan daerah yang memiliki potensi yang rawan terhadap bencana, seperti terjadi tanah longsor, gempa bumi, banjir ,sunami maupun bencana kebakaran .hal ini sangat rawan akan terjadi, maka dari itu dengan melalui apel siaga bencana ini ,mari kita padukan dan dijadikan pekerjaan kita.

Bukan hanya hanya menjadi kegiatan seremonial belaka, akan tetapi merupakan manifestasi kesiapan pemerintah daerah bersama TNI, Polri maupun berbagai komponen masyarakat dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan apabila terjadi bencana di kaur ini,” pesan Bupati.

Akhir kegiatan Apel Siaga Bencana ini Bupati Kaur bersama Kapolres, Damdidim, Danpos AL, Sekda dan jajaran melakukan peninjauan Kesiapan personil serta sarana dan porasarana pendukung yang sudah di Kaur.

Laporan: Simarjon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *