Bupati Barru : Isra Mi’raj, Peristiwa Penting Bagi Umat Islam

Wartainspirasi.com, Barru — Bupati Barru H. Suardi Saleh mengatakan Isra Mir, aj adalah merupakan peristiwa penting bagi Umat Islam karena pada peristiwa inilah Nabi Muhammad SAW mendapat perintah dari Allah SWT untuk menunaikan shalat lima waktu.

Hal itu dikemukakan Bupati Barru pada peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1445 H yang digelar oleh Pengurus dan Jamaah Masjid Agung Nurul Iman Kabupaten Barru, Rabu malam (07/02/2024)
.
Dalam kesempatan tersebut Bupati Barru mengurai secara singkat peristiwa sebelum Isra Miraj dimana dibalik perjalanan Isra Mi’raj ternyata menyimpan kesedihan yang amat dalam bagi Rasulullah karena masa ini juga sering disebut Amul Huzni yaitu tahun kesedihan Rasulullah.

“Peristiwa Isra Mi’raj juga disebut sebagai hiburan yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad atas kesedihan yang mendalam dimana pada tahun yang sama dua orang yang sangat dicintainya, yaitu istri tercintanya Khadidjah Al Qubra dan Abu Thalib paman yang sudah dianggap ayahnya wafat. Termasuk pada waktu itu Nabi bersama dengan keluarga dan para sahabat mendapat pemboikotan Ekonomi, penyiksaan fisik dan ancaman pembunuhan dari orang kafir quraisy”,urai Bupati Barru.

Lebih lanjut Bupati Barru dua periode ini mengingatkan agar menjadi pelajaran kita semua bahwa dibalik kesusahan dan kesedihan, Allah telah menyiapkan kebaikan yang luar biasa. Allah hadiahkan shalat lima waktu bagi Rasulullah dengan umatnya yang luar biasa yang dapat menyelamatkan kita semua di dunia dan di akhirat.

Bupati berharap dari peristiwa Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW, hendaknya tidak hanya sekedar dipahami saja, melainkan harus dapat diterapkan dalam gerak langkah kehidupan sehari-hari.

Dirinya menegaskan, kita harus memiliki komitmen dan kesadaran untuk mencontoh dan meneladani apa yang telah dilakukan oleh Rasulullah SAW. Salah satu nilai dan pelajaran yang dapat kita petik dari perjuangan Rasulullah SAW dalam mengatasi ujian dan cobaan yang maha berat adalah dengan sabar, tegar, tawakkal, dan tetap bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa (Allah SWT) serta tidak ada kata menyerah dan putus asa.

Sejalan dengan tema peringatan Isra Miraj, Tema Teguhkan Iman dan Kokohkan Ukhuwah, Bupati mengajak seluruh Jamaah untuk menggunakan hak suaranya pada Pemilihan Umum tgl 14 Februari 2024.

“Bahwa tinggal 6 hari lagi kita akan mengikuti pesta demokrasi Pemilihan Umum, kami berharap agar perbedaan dalam berpolitik tidak mengurangi ukhuwah atau persaudaraan diantara kita sesuai dengan tema Isra Mi’raj malam ini”, tutup Bupati.

Pada Peringatan Isra Mi’raj tersebut hadir memberikan ceramah/khikmah Isra Mi’raj, Gurutta H Muhammad Yusuf, S.Sos.I.,MA,Ketua Tanfidziyah NU Kabupaten Sidrap.

Turut hadir, Anggota Forkopimda, Sekda Barru. Para Asisten Setda dan Staf Ahli Bupati. Pimpinan OPD. Kasubag TU Kemenag Barru. Sekretaris MUI Kabupaten Barru. Ketua Baznas Kabupaten Barru, Sekretaris DPP KKDB, Ketua PCNU Kabupaten Barru, Camat Barru. Kepala KUA Kecamatan Barru dan Undangan lainnya. (ti)