Bupati Lahat Gelar Operasi Pasar Murah

Wartainspirasi.com — Guna untuk mengantisipasi lonjakan harga Sembako di Pasaran dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah 2023, membuat Pemkab Lahat melalui Disperindag melakukan Operasi Pasar Murah (OPM).

Tak pelak, Operasi Pasar Murah yang dilaksanakan oleh Pemerintah pada Rabu (5/4/2023) sejak pukul 08.45 WIB tersebut,

yang dipusatkan di Gedung Kesenian langsung diserbu ratusan emak-emak yang rela antri datang dari berbagai penjuru Kota Lahat.

Untuk daftar dan harga yang dijual di OPM Pemkab Lahat diantaranya:
1. Beras 5 Kg sebesar Rp.45 ribu.
2. Gula 1 Kg sebesar Rp.10 ribu.
3. Minyak 1 Kg sebesar Rp.10 ribu.
4. Tepung terigu sebesar Rp. 5 ribu.
5. Cabe kriting 1/5 Kg sebesar Rp. 12.500 ribu.
6. Cabe merah besar 1/5 Kg sebesar Rp. 12.500 ribu.
7. Cabe rawit merah 1/5 Kg sebesar Rp. 12.500 ribu.
8. Telur ayam 1 karpet sebesar Rp. 30 ribu.

Pagelaran OPM tersebut dihadiri oleh Bupati Lahat yang diwakili Wabup Lahat H.Haryanto SE, MM, MBA, unsur Forkopimda, OPD Terkait, Ketua TP PKK Kabupaten Lahat,

Ketua GOW Lahat, Ketua Dharma wanita Lahat dan perwakilan toko masyarakat, dan dikawal ketat oleh TNI-Polri, dan Pol-PP Pemkab Lahat.

“Alhamdulillah, walaupun ikut antri sejak pukul 07.00 WIB masih kebagian Sembako yang dijual oleh Pemkab Lahat melalui Operasi Pasar Murah.

Harapan kami wong cilik OPM seperti ini tidak berhenti disini saja, dan bisa terus berkelanjutan kedepan serta dapat ditambah lagi macam macam Sembako lainnya,” pinta Risnawati (39) warga kelurahan Talang Jawa Selatan, kecamatan Lahat.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Lahat H. Haryanto SE MM MBA mengatakan, OPM ini bertujuan membantu Masyarakat untuk mencukupi bahan Pokok di tengah inflasi ekonomi sekaligus mengantisipasi terjadinya lonjakan harga sembako.

“Jadi Pemkab lahat melalui dinas perdagangan inisiatif menyelenggarakan Operasi Pasar Murah ini, dengan Sasaran 24 kecamatan di Kabupaten Lahat, dan kegiatan ini akan dilaksankan 3 kali,” ujarnya.

Diungkapkan Wabup Lahat, jika hari ini khusus untuk Kecamatan Kota Lahat, Kecamatan Mulak Sebingkai dan Muara Payang,

selanjutnya untuk kecamatan lainnya. Seraya menyampaikan, ucapan terima kasih kepada pihak yang sudah bekerja sama antara lain Bulog dan penyedia yang lain.

“Harapan kami dengan kegiatan ini semoga Dapat memberi kontribusi positif bagi semua , serta Terwujudnya masyarakat yang aman ,sejahtera dan kabupateba Lahat semakin Bercahaya,” kata H.Haryanto.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lahat, Yunisa Rahman SP MM, melalui Kabid Perdagangan, Yulia Ning Dob menegaskan, untuk lokasi pasar murah di Kota Lahat, dipusatkan di Halaman Gedung Kesenian Lahat.

Sedangkan untuk di Kecamatan Mulak Sebingkai dan Muara Payang, masih dikoordinasikan. Tentunya mencari tempat strategis agar diketahui banyak masyarakat.

“Syaratnya tidak banyak hanya bawa KK dan KTP, tujuannya, agar bisa kita memastikan bahwa mereka yang ikut ngantri bener-benar warga setempat, dan, untuk harga Insyaallah tidak ada perubahan,” pungkasnya. (Din)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *