Dibuka Sekda Barru, Talkshow Temu Pendidik Nusantara XI Diikuti Ratusan Guru

Wartainspirasi.com – Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Barru, sebuah talkshow bertajuk “Temu Pendidik Nusantara XI” dengan tema “Pemimpin Pendidikan Berdaya” digelar Oleh Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Kabupaten Barru untuk menyatukan para pendidik dan pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan diaula KH. Badaruddin Amin Kampus ITBA Al Gazali Barru, Sabtu 15/6/2024.

Acara ini menekankan pentingnya pendidikan sebagai usaha dasar yang terencana untuk menciptakan suasana belajar dan proses pembelajaran yang efektif.

Talkshow ini dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Barru Dr Ir. Abustan M. Si yang juga didaulat menjadi narasumber.

Sekda dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini menjadi momentum penting dalam proses pengubahan sikap dan tata laku individu maupun kelompok dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran.

Dikatakan, para peserta yang hadir diharapkan dapat mengadopsi pendekatan-pendekatan baru yang inovatif dalam pendidikan, yang berlandaskan pada undang-undang dan nilai-nilai kebangsaan.
Mengevaluasi dan mengembangkan metode pengajaran yang lebih efektif dan efisien.

“Dengan adanya kolaborasi dan pertukaran ide di antara para pendidik, diharapkan akan muncul inovasi-inovasi baru yang dapat diterapkan dalam sistem pendidikan nasional”, harap Sekda.

Kegiatan Temu Pendidik Nusantara XI, diharapkan akan tercipta sinergi antara pendidik, pemerintah, dan masyarakat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Hal ini sejalan dengan visi besar untuk mencetak generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan siap menghadapi tantangan global.

“Pendidikan yang baik akan menghasilkan individu-individu yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan berakhlak mulia.
Dengan demikian, pendidikan menjadi fondasi utama dalam membangun masa depan bangsa yang lebih baik dan berdaya saing tinggi”, tandasnya.

Talkshow Temu Pendidik Nusantara (TPN) XI Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Kabupaten Barru dirangkaikan dengan Penyerahan Beasiswa Murid Belajar, kelas berbagi, pameran karya murid dan yang paling seru yaitu Cerdas Cermat Guru (CCG).

Turut Hadir dalam Talkshow tersebut Rektor Institut Teknologi Dan Bisnis Administrasi Al-Gazali Barru yang Juga Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Barru Dr. H. Kamaruddin Hasan, M. Pd, Yayasan Guru Belajar Jakarta Diaz Rahmasari, Madali Agil Komunitas Pengawas Belajar Nusantara, Maurensyiah.

Pengurus DPP KGBN Sulsel, Muh. Hayat S.Pd M.Pd. Kacab Disdik Provinsi Sulsel Wilayah 8, Mewakili Kakan Kemenag Barru, Sekretaris Disdikbud Kabupaten Barru Serta 250 Guru Jenjang TK,SD,SMP/MTS, SMA/SMK/MA Se-kabupaten Barru. (Ti)