Hasil Rapat Seluruh Fraksi, Rekomendasikan Tiga Nama Calon Pj Bupati Lahat

LAHAT — Berdasarkan informasi yang didapat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat, telah merekomendasikan 3 (tiga) nama untuk menjabat Pj Bupati Lahat.

Namun, terkait isu untuk ketiga nama calon menjabat Pj Bupati Lahat tersebut, terkesan masih dirasiakan.

Termasuk, ketika wartawan mengali isu dan berusaha melakukan konfirmasi terhadap sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat, yang terkesan “Bungkam”.

Sekwan DPRD Kabupaten Lahat, H. M. Safrani Cikmin SH dibincangi, mengaku dirinya belum mengetahui secara pasti ketiga nama tersebut. Dikarenakan, saat ini sedang berada di Palembang dalam rangka melayat salah satu keluarga meninggal.

Saat ditanya wartawan, siapa saja tiga nama pejabat yang direkomendasikan oleh DPRD Lahat untuk selaku Pj Bupati Lahat, dirinya, berdalih ‘tidak ingat siapa saja’ lalu, disarankan Sekwan Lahat, untuk koordinasi dengan Kabag Risala DPRD Kabupaten Lahat.

“Maaf dindo, kakak sekarang lagi di Palembang, karena, ada keluarga yang meninggal. Terkait tiga nama tersebut, kakak mau koordinasi dengan Pak Ketua DPRD Lahat terlebih dahulu, atau dindo cubo hubungi atau koordinasi dengan Kabag Risala DPRD Lahat,” kilahnya.

Begitu juga, Ketua DPRD Kabupaten Lahat, Fitrizal Homizi ST, M.Si, MM saat dihubungi melalui via telp tidak diangkat. Lalu, di WhatsApp masuk, tapi, tidak ada balasan.

Terpisah, Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat, Gaharu SE, MM dikonfirmasi membenarkan bahwa DPRD Lahat telah merekomendasikan tiga nama pejabat selaku Pj Bupati Lahat.

“Benar dek, tapi, cubo dindo hubungi langsung Ketua DPRD Lahat,” katanya singkat seraya menambahkan, dindo, kebetulan kakak lagi Ado gawe, nanti kontek-kontekan lagi.

Sementara, anggota DPRD Kabupaten Lahat, Sutra Imansyah SE membenarkan, bahwasannya DPRD Lahat belum lama ini telah menggelar rapat ketua ketua Fraksi dan telah mengusulkan 3 (tiga) orang Pejabat bakal calon selaku Pj Bupati Lahat.

Ia menjelaskan, untuk ketiga nama Pejabat calon selaku Pj Bupati Lahat diantaranya, Sekda Lahat Chandra SH, MM, Sekwan DPRD Lahat H.M.Safrani Cikmin SH, dan Kepala BPSDMD Provinsi Sumsel Prof.Dr.H.Edwar Juliartha, S.Sos, MM.

“Kenapa ketiga nama tersebut yang diusulkan. Karena, menurut pandangan kami Ketiga nama Pejabat ini yang pertama telah memenuhi syarat. Memang banyak Pejabat di Lahat, tapi, belum memenuhi syarat,” ungkap Politisi dari Partai Gerindra.

Tidak hanya itu, diakuinya, ketiga nama Pejabat ini dinilai sudah mampu dan layak untuk menjadi Pj Bupati Lahat kedepan. Namun, semua keputusan ada di Mendagri, dan setelah ini tahapan di Provinsi yang mana juga akan mengusulkan tiga Pejabat calon Pj Bupati Lahat.

“Setelah nama-nama diusulkan, lalu, digodok oleh Mendagri. Dan, pihak Mendagri juga berhak menolak dan menerima usul nama-nama Pejabat calon Pj Bupati Lahat,” ulasnya.

Hasil keputusan dari Mendagri nama-nama yang keluar, dikatakan Sutra, kalau berkaca mata dari Kabupaten lain, biasanya Mendagri akan mengeluarkan nama-nama untuk Pj Bupati Lahat 3 hari atau seminggu sebelum Jabatan Bupati Lahat berakhir.

“Mudah-mudahan dan insyaallah, diperkirakan tanggal 6 Desember 2023 nanti nama Pj Bupati Lahat akan keluar. Harapan, kami selaku wakil rakyat, siapapun yang terpilih selaku Pj Bupati Lahat, dapat bekerjasama dalam membangun Kabupaten Lahat, dapat menjalankan program-program ditahun kemarin dan 2024 yang telah ditetapkan oleh DPRD Lahat, mampu membuat Lahat kondusif ditahun Politik, serta dapat berkoordinasi terhadap semua pihak,” pinta Sutra. (Din)