Kadis Dukcapil Kaur Himbau Segera Register NIK yang Belum Aktif

BENGKULU, Berita, Daerah, Kaur446 Dilihat

Wartainspirasi.com, Kaur — Nomor induk Kependudukan (NIK ) baru-baru ini ada di temukan pada NIK KTP yang tidak terdaftar di data kependudukan, hal ini tentu akan menjadi kendala bagi Pemilik KTP salah satunya jika ada keperluan yang menjadi syarat untuk perlengkapan sering NIK nya tidak terbaca atau tidak ditemukan.

Berkaitan perihal tersebut Kepala Dinas Kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Kaur, Sustar Ilmius. S.Pd menghimbau agar Pemilik KTP yang NIK nya tidak terkoneksi silakan untuk di register ulang ke Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil ) supaya bagian operator dapat mengetahui penyebab NIK yang bersangkutan belum aktif,

” Bagi warga Kaur merasa NIK nya belum terbaca maka di persilakan untuk di cek ke Kantor Dukcapil Kaur supaya dapat di aktif kan NIK nya,” sampai Sustar, Senin (22/01/23).

Dikatakan, keluhan warga semacam ini memang sering terjadi, semestinya tidak ada lagi perihal Data kependudukan tidak aktif, namun karena kendala alat pendukung masih minim di tambah lagi menumpuknya pekerjaan sehingga petugas tidak bisa jemput bola.

Maka, untuk itu jika ada penunjang operasional di lapangan seperti Mobil Data keliling sudah pasti bagi warga yang salah di Indentitasya dapat di atasi dan di selesaikan.

“Kami sangat butuh kendaraan operasinal untuk keliling dan jemput bola ke Desa-desa ke sekolah dan lainnya supaya dapat meminimalisir data kependudukan yang akurat dan teregistrasi,” harap Kadis.

Selain itu, umumnya siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) pada umumnya sudah memiliki KTP, namun ditemukan belum merekam KTP hal ini tentu menjadi pemikiran bersama, mau rekaman terkendala dengan jam belajar sedangkan ke Kantor sudah sore, jika ada pelayanan pendataan keliling tentu petugas cukup mendatangi sekolah yang di maksudkan,” cetusnya.

Sementara data kependudukan saat ini sangat di gaungkan oleh Pemerintah seperti gengaman satu data, dan ini juga mempermudah masyarakat untuk keperluan lain jika KTP lupa saat di bawa bepergian. (Mj)