Kapolres Berikan Pembekalan dan Lepas Pemberangkatan Polisi RW

http://wartainspirasi.com – Bertempat dihalaman kantor Mapolres Lahat, Kapolres Lahat AKBP S.Kunto Hartono SIK, MT, memimpin apel pemberangkatan Polisi RW jajaran Polres Lahat.

Acara apel tersebut adalah untuk memastikan para anggota Polisi RW memahami dan mengerti tindakan yang harus dilaksanakan di lapangan, pada Senin (31/7/2023).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakapolres Lahat Kompol Roy Aprian Tambunan SP, SIK, para PJU, Kapolsek, Perwira, dan personil Polres Lahat.

Dalam arahannya, Kapolres Lahat menyampaikan, beberapa poin penting untuk diketahui, dipahami, dan dilaksanakan pada saat dilapangan seperti:

– Penekanan pada peran dan tanggung jawab: Kapolres menjelaskan peran dan tanggung jawab yang diemban oleh anggota Polisi RW dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan di wilayahnya. Ini mencakup tugas-tugas seperti Patroli, Pemantauan situasi, serta melaporkan aktivitas yang mencurigakan.

– Pemahaman tentang Protokol dan Prosedur: Kapolres menjelaskan protokol dan prosedur yang harus diikuti oleh Polisi RW saat bertugas. Hal ini meliputi etika bertugas, cara menghadapi situasi yang mungkin berisiko, dan langkah-langkah yang harus diambil dalam menghadapi berbagai insiden di lapangan.

– Pengenalan terhadap pihak-pihak terkait: Polisi RW akan diperkenalkan atau diingatkan tentang kerjasama dengan berbagai pihak terkait seperti warga, petugas keamanan lainnya, atau instansi Pemerintah setempat. Kolaborasi ini penting dalam menciptakan lingkungan yang Aman dan Harmonis.

– Kesadaran tentang Nilai Kepolisian: Kapolres menambahkan, pentingnya memegang teguh nilai-nilai Kepolisian seperti integritas, profesionalisme, dan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini akan membantu para anggota untuk menjalankan tugas dengan penuh dedikasi dan rasa tanggung jawab.

– Fokus pada Keselamatan: Kapolres juga menyoroti pentingnya keselamatan diri dan rekan-rekan saat bertugas. Ini meliputi kesadaran tentang potensi risiko dan langkah-langkah pencegahan yang harus diambil untuk menghindari bahaya.

Dengan memberikan arahan ini, Kapolres Lahat berharap para anggota Polisi RW dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas mereka dan memberikan kontribusi yang positif untuk keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Polres Lahat. (Din)