Kegiatan Napak Tilas Jejak Perjuangan Andi Mattalatta di Barru Kembali di Gelar

Wartainspirasi.com, Barru — Kegiatan Napak Tilas menyusuri rute perjuangan Andi Mattalatta sebagai pemegang mandat dari Jenderal Besar Soedirman untuk membentuk Tentara Rakyat Indonesia (TRI) Devisi Hasanuddin kembali akan digelar di Kabupaten Barru.

Hal ini terungkap dalam rapat persiapan pelaksanaan yang dipimpin langsung Sekda Barru Dr. Abustan AB. M.Si diruang data Kantor Bupati Barru, Senin malam (26/2/2024).

Napak Tilas jejak pahlawan ini akan mengambil rute titik star di monumen pendaratan Andi Mattalatta di Garongkong Kelurahan Mangempang Kecamatan Barru menuju finish di Monumen Paccekke yang merupakan tempat konferensi Pembuntukan TRI Sulawesi Devisi Hasanuddin di Dusun Paccekke Desa Paccekke Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru.

Sekda Barru Abustan mengatakan, Napak Tilas yang terakhir dilaksanakan pada tahun 2008 ini dimaksudkan untuk mengenang perjuangan para pahlawan kita sekaligus menggugah semangat kebangsaan kita betapa berat perjuangan para pendahulu kita menghadirkan dan mempertahankan kemerdekaan dari tangan penjajah.

” Mungkin banyak yang belum tahu dan harusnya tahu bahwa TRI di Sulawesi yang merupakan cikal bakal lahirnya Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kodam XIV/Hasanuddin lahir melalui Konferensi Paccekke,” jelasnya.

Napak Tilas Garongkong Paccekke direncanakan akan digelar 3-4 Maret dan di ikuti utusan Desa/Kelurahan se-Kabupaten Barru, OPD, Ormas dan OKP, Mahasiswa, Siswa SLTA dan umum.

” Insya Allah kegiatan Napas Tilas ini kita akan jadikan agenda tahunan dan akan dikemas menjadi kegiatan atau even wisata sejarah,” sebut Abustan.

Kadis Sosial Kabupaten Barru Andi Syarifuddin menjelaskan, Napak Tilas tersebut direncakanan akan dilepas Bupati Barru dan dihadiri keluarga pelaku sejarah, Andi Mattalatta. Andi Oddang dan keluarga pelaku sejarah lainnya.

Teknis lomba, setiap regu terdiri 5 orang ditambah 2 orang cadangan. Pendaftaran di buka mulai hari ini, Selasa27/2/2024, disekretariat panitia Kantor Dinas Sosial Kabupaten Barru, Jalan H. M. Saleh Lawa Barru. (Ti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *