Kelola Keuangan Secara Transparan, Asisten III Setda Lahat Terima Penghargaan Dari DJPB Sumsel

Wartainspirasi.com — Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah mengeluarkan hasil penilaian Pemerintah Daerah dengan kinerja kepatuhan pemenuhan syarat salur TKD (DAK Fisik dan Dana Desa) dan penyampaian data keuangan terbaik tahun anggaran 2022.

Untuk hasil Pemkab Lahat tahun ini ditetapkan berada diurutan terbaik Kedua. Sedangkan diurutan Pertama Pemerintah Provinsi Sumsel, dan urutan ke Tiga Pemkab OKU Selatan.

Penghargaan itu, diberikan langsung oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sumsel, Lydia Kurniawati Christyana, kepada Bupati Lahat, Cik Ujang SH melalui Asisten III Setda Lahat, Marjono, di Hotel Santika Palembang.

Bupati Lahat, Cik Ujang SH melalui
Asisten III Setda Lahat, Marjono mengatakan, penghargaan ini diharapkan jadi pendorong kinerja pengelolaan keuangan agar lebih transparan, tepat guna dalam menggunakan keuangan daerah. Terutama dana transfer yang diterima dari Pemerintah Pusat.

“Ini harus jadi motivasi, untuk jadi lebih baik. Bukti bahwa kita sangat patuh soal pengelolaan keuangan, baik dalam mengirimkan data, informasi maupun penggunaannya,” ungkap Marjono, pada Kamis (11/5/2023).

Cik Ujang menambahkan, penilaian terhadap penyampaian data keuangan terbaik itu, didapat karena pada tahun anggaran 2022, realisasi belanja daerah mulai dari belanja operasional belanja modal dan belanja transfer, lebih dari 89,23 persen.

Selanjutnya, untuk pendapatan yang dihasilkan dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pendapatan transfer sampai Oper Target mencapai 106,6 persen.

“Alhamdulillah, untuk pendapatan transfer anggaran tahun 2022 lalu, kita mencapai105,80 persen, dan belanja transfer sampai 99,47 persen. Penghargaan ini juga menunjukkan, arah penggunaan dana dan pelaporannya, dianggap sudah sesuai dengan kepentingan masyarakat,” pungkas Cik Ujang. (Din)