Kepala Bapenda Ajak Para Pengusaha Tingkatkan PAD Lahat

http://wartainspirasi.com – Kurang lebih 13 atlit dari 17 Kabupaten/Kota se-Sumsel yang akan berlaga diajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov XIV) di Bumi Seganti Setungguan, dipastikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lahat meningkat.

Pagelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang dibakal dilaksanakan selama dua Minggu tersebut, dimulai sejak tanggal 17 September 2023.

Demikianlah disampaikan oleh Kepala Bapenda Lahat Subranudin MP MM membenarkan, bahwasannya dengan datangnya kurang lebih 13 ribu Atlit dari berbagai Kabupaten/Kota se-Sumsel untuk berlaga di Kabupaten Lahat, bisa dipastikan meningkatkan PAD Lahat.

“Pajak yang meningkatkan sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari hasil Porprov mulai Hotel, tempat hiburan, Restoran/warung,” ujarnya, pada Jum’at (15/9/2023).

Maka dari itu, diharapkan Subranudin, seluruh pengusaha Hotel, Hiburan, Warung/Restoran agar dapat dipungut 10 persen sesuai dengan UU atau Perda Kabupaten Lahat.

“Diperkirakan ada 13 ribu atlit yang akan berlaga di Kabupaten Lahat, khususnya pengusaha Hotel agar jangan main-main terkait Pajak,” himbaunya.

Menurutnya, untuk peningkatan selama Atlit bertanding di Bumi Seganti Setungguan diperkirakan akan meningkatkan PAD Lahat sekitar 200 jutaan atau sekitar 20 persen.

Oleh karenanya, sambung Subranudin, pihaknya memfungsikan dan mengajak para pengusaha agar dapat membayar Pajak Retrebusi sesuai dengan UU atau Peraturan Daerah (Perda) Lahat.

“Pajak sifatnya tidak menentu, sesuai dengan Omset yang didapat. Namun, dirinya mengajak seluruh pengusaha Restoran, Hotel, Warung, tempat Hiburan agar dapat meningkatkan pajak dari Omset ke Pemkab Lahat,” pungkasnya. Seraya menghimbau para Parkir tidak menarik atau memungut uang Parkir terhadap para Atlit. (Din)