Ketua STAI DDI Mangkoso Muhammad Agus di Anugerahi Gelar Professor

Wartaispirasi.com, Barru – Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darud Dakwah Wal Irsyad (DDI) Mangkoso, Dr. H. Muhammad Agus, S. Thi. M. Thi dianugerahi gelar Professor dari Universitas Islam Syekh Daud Al-Fathani Thailand, dan syahadah atau ijazah Professornya diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Pakar / Dewan Guru Besar Universitas Islam Syekh Daud Al-Fathani Thailand Prof. Dr. Datok Sayyid Muhammad Aqil bin Ali al-Mahdaliy.

Penyerahan Ijazah Professor tersebut diterima Muhammad Agus setelah Acara HAUL Anregurutta H. Muhammad Amberi Said ke-39 di Masjid Mangkoso kabupaten Barru, Kamis 11/7/2024.

Kakak kandung Muhammad Agus, H. Syahriadi Al Bugish SHI. MA yang dihubungi menjelaskan penganugerahan gelar Professor dan Guru Besar Universitas Islam Syekh Daud Al-Fathani Thailand merupakan kado terindah bagi Agus yang tidak lain adalah anak menantu dari Pimpinan Pondok Pesanteren DDI Mangkoso, AGH. Prof. Dr. H. M. Faried Wajedy, LC. MA.

Pria kelahiran Barru 12 Agustus 1985 ini menamatkan pendidikan dasar di SD Inpres Garessi tahun 1998, meraih gelar Sarjana pada Fakultas Ushuluddin UIN Makassar jurusan Tafsir Hadis tahun 2009.

Pendidikan Formal suami dari Hj. Faridah Hidayati, Lc ini dilanjutkan kembali dengan memperdalam ilmu Tafsir Hadis di UIN Makassar dan meraih gelar Magister pada tahun 2011. Ditengah kesibukannya menjadi tenaga pendidik di Ponpes DDI Mangkoso, ayah dari Muhammad Ahsan yang akrab disapa Ustadz Agus menyempurnakan pendidikan formalnya, kembali melanjutkan di UIN Makassar untuk Program Strata Tiga (S. 3) Konsentersi Tafsir Hadis dan meraih gelar Doktor pada tahun 2020.

Tidak cukup dengan pendidikan formal, alumni SMP Negeri 1 Barru dan MA DDI Mangkoso ini juga pernah mengikuti Pelatihan Bahasa Arab dengan Metode ” Isma’ wa takkalam” di Al Markaz Al Islami Umraniyah Giza Mesir tahun 2020 dan Pelatihan Baca Tulis Al Qur’an dengan metode “Nur Al Bayan di Ma’had Mu’allim Al Qur’an” Giza Mesir tahun 2020.

Saat ini selain aktif di Kampus dan Pompes DDI Mangkoso selaku Dosen dan Ketua STAI DDI dan Kepala Madrasah Id’dadiyah, Ustadz Agus masih tercatat sebagai Pengurus LPTQ dan DMI Kab. Barru. Komisi Fatwa MUI Barru dan Komisi Fatwa MUI Provinsi Sulawesi Selatan (Syam)