LAKI Persoalkan Sampah dan Penertiban Hewan Ternak di Bengkulu Tengah

Wartainspirasi.com — Semakin padat penduduk, sampah semakin menumpuk karena tempat atau ruang untuk menampung sampah kurang. Semakin meningkat aktivitas penduduk, sampah yang dihasilkan semakin banyak.
Hal demikian tidak dipungkiri, juga terjadi di Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu, selain masalah sampah termasuk persoalan penertiban hewan ternak yang perlu disikapi dengan serius oleh Pemerintah Bersama DPRD Kabupaten Bengkulu Tengah.
Selain merusak lingkungan, pencemaran akibat sampah yang tidak dikelola dengan baik dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan, timbulnya berbagai penyakit dan pencemaran lingkungan berdampak bagi manusia, hewan dan tumbuhan.
Hewan ternak, seperti sapi/lembu, kerbau dan kambing yang berkeliaran di jalan raya masih saja terjadi di Kabupaten Bengkulu Tengah. Kondisi ini tentunya bukan saja sangat mengganggu kelancaran arus lalu lintas.
Bahkan dapat membahayakan keselamatan pengendara dan meresahkan Petani yang sewaktu-waktu masuk ke lahan mereka yang dapat merusak tanaman serta struktur tanah pertanian.
Ketua LAKI Benteng, Candra mengungkapkan, dua permasalahan tersebut harus menjadi perhatian serius Pemkab dan DPRD Kabupaten Bengkulu Tengah, mengingat banyak keluhan yang disampaiakan masyarakat mandulnya Perda Penertiban Hewan Ternak serta Tata Kelola Sampah.
” Pemkab dan DPRD Benteng diminta serius menangani persoalan penertiban hewan ternak dan tata kelola sampah,” tegasnya.