Meriahkan HAN, Anak Anak TK/PAUD Unjuk Kebolehan Dalam Pakaian Adat

LAHAT — Dalam rangka memeriahkan Hari Anak Nasional (HAN) di Kabupaten Lahat, telah dilaksanakan perlombaan pakaian adat untuk anak usia dini tingkat TK/PAUD.

Acara dalam memeriahkan HAN tersebut, dihadiri langsung Bunda PAUD Kabupaten Lahat, Hj. Lidyawati Shut, MM, yang dipusatkan di Hotel Calista Lahat, pada Rabu (22/11/2023).

Dalam sambutannya, Kadisdikbud Lahat Niel Aldrin SE, MAP melalui kepala bidang PAUD Jusmanudin S.Pd menyampaikan, lomba pakaian adat yang dilaksanakan ini, diikuti dari TK PAUD yang ada di Kecamatan Kota Kabupaten Lahat.

“Diharapkan dengan adanya lomba ini dapat memotivasi pelajar TK/ PAUD yang akan menyongsong ke-sekolah dasar dengan target yaitu sekolah yang menyenangkan. Selain itu, giat ini akan menambah riang gembira anak jadi sekolah itu jangan hanya menyeluruh di dalam kelas tetapi juga di luar kelas,” pungkas Jasmanudin.

Sementara, Bunda PAUD Kabupaten Lahat Hj Lidyawati SHut MM mengungkapkan, anak usia dini yang berusia dari 0 – 6 tahun, anak usia dini merupakan sekelompok anak berada pada masa usia emas dan pada masa ini, akan mudah merangsang apapun yang mereka dengar, apa yang mereka lihat, jadi di usia tersebut adalah kesempatan untuk mendidik memberikan pelajaran berharga untuk bekalnya di masa mendatang.

Perlombaan pakaian adat ini, ditegaskan Bunda PAUD Lahat, dalam rangka memeriahkan Hari Anak Nasional, Bangsa Indonesia merupakan Bangsa yang beragam warisan kebudayaan, dan keanekaragaman budaya merupakan aset berharga yang harus di jaga, dan dilestarikan supaya tidak hilang seiring dengan perkembangan zaman.

Dengan perlombaan ini, dikatakan Bunda PAUD Lahat, bisa menanamkan kepada anak rasa Nasionalisme terhadap kebudayaan Bangsa Indonesia, dan dengan mengenalkan nilai Budaya seperti pakaian adat Nusantara, serta akan menumbuhkan kesadaran pada diri anak tersebut.

“Agar tertarik dan mencintai Bangsa Negara Indonesia. Selain itu, dengan keanekaragaman pakaian adat anak akan juga memahami perbedaan, dan anak bisa belajar bertoleransi dengan orang lain menghargai dan menghormati,” terang Lidyawati Cik Ujang yang juga merupakan Ketua TP-PKK Lahat.

Dengan digelarnya perlombaan pakaian adat ini, disambut gembira anal-anak usia dini dengan pakaian khas dari berbagai daerah yang tampil berjalan kepanggung dengan berlenggak-lenggok untuk menarik perhatian panitia yang ada. (Din)