Optimalisasi Perubahan Anggaran Keuangan, Desa Pacalan Gelar Musdes P-APBDes

Magetan — Sebagai upaya Pemerintahan Desa dalam mengoptimalkan perubahan anggaran keuangan, kali ini Pemerintah Desa Pacalan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan laksanakan Musyawarah Desa (Musdes) Penetapan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (P-APBDes) tahun anggaran 2023.

Kegiatan tersebut berlangsung di Pendopo Desa Pacalan, pada Senin pagi (06/11/23).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya jajaran Forkopimca Plaosan, Kepala Desa Pacalan Agus Suharto didampingi Perangkat Desa, BPD, LPM, TP-PKK dan juga tokoh masyarakat setempat.

Dijelaskan Agus Suharto, dalam Perubahan dan Penetapan APBDes tersebut bertujuan supaya masyarakat mengetahui anggaran-anggaran yang dikelola oleh Desa yang mana saat ini berbasis digital serta diawasi langsung oleh BPKP melalui Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

“Wawasan yang perlu diketahui bagi masyarakat diantaranya Pendapatan Asli Desa (PAD) yang mana bersumber dari Aset Desa, terlebih saat ini untuk PAD Desa Pacalan sendiri sudah mencapai kurang lebih 300 juta. Dari PAD tersebut nantinya kita bisa membuat program-program bagi masyarakat,” jelasnya.

Agus menambahkan, Desa Pacalan merupakan satu-satunya Desa dengan Kategori Desa Mandiri se-Kecamatan Plaosan, oleh karena itu dalam peningkatan PAD tersebut nantinya BUMDES Desa Pacalan yakni BUMDES Kembang Sore ditahun mendatang juga akan menyokong PAD Desa Pacalan dengan beberapa produk-produk nya diantaranya beberapa olahan makanan dan Batik khas Desa Pacalan.

“Tahun ini untuk skala prioritas kami akan ada penambahan kios, peningkatan rest area, dan juga tempat oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Desa Pacalan ini,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Ketua BPD Desa Pacalan turut menyampaikan, “Setelah adanya P-APBDes ini diharapkan bisa membawa manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat Desa Pacalan,” tutupnya. (Mas)