Pemanfaatan DBHCHT, Lomba Burung Berkicau Bupati CUP Ngawi di Gelar Meriah

Wartainspirasi.com, Ngawi – Setelah sebelumnya Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Ngawi sukses menggelar berbagai Event dalam rangka Sosialisasi Pencegahan Peredaran Rokok Ilegal.

Kali ini, Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Ngawi kembali menggelar Sosialisasi Pencegahan Peredaran Rokok Ilegal yang dikemas dalam Event Lomba Burung Berkicau Bupati CUP Ngawi 2023, berlangsung di Alun-alun Ngawi, pada Minggu pagi (17/09/23).

Acara yang diikuti ratusan peminat burung dari berbagai komunitas atau lebih dikenal dengan nama “Kicau Mania” tersebut tak hanya diikuti dari Kabupaten Ngawi, bahkan peserta lomba tersebut banyak dari luar daerah.

Sejak dibuka pendaftaran dan pengambilan tiket lomba pada pukul 08.00 pagi, baik peserta maupun warga masyarakat tampak antusias memadati seputaran Alun-alun Ngawi.

Adapun kualifikasi yang dilombakan dalam Lomba Burung Berkicau Bupati CUP Ngawi 2023 tersebut diantaranya Murai Batu, Kacer, Cucak Ijo, Cendet, dan juga Lovebird yang mana dikemas dalam beberapa Kategori yakni Bupati, Wakil Bupati, Gempur, serta Satpol-PP.

Dijelaskan Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, kegiatan yang dikemas dalam bentuk perlombaan tersebut diharapkan mampu meningkatkan ekonomi kerakyatan Kabupaten Ngawi.

“Potensi Kegiatan Kicau Mania seperti ini diharapkan mampu berdampak pada peningkatan ekonomi kerakyatan Kabupaten Ngawi yang mana turut menggandeng berbagai pihak diantaranya para Pedagang Kaki Lima, Penjual pakan burung, dan juga Warung-warung,” kata Ony Anwar.

Ia mengaku, dengan adanya kegiatan-kegiatan yang memasyarakat dan banyak diminati tersebut tentunya ekonomi kerakyatan Kabupaten Ngawi semakin baik lewat potensi kegiatannya.

“Tentunya kami Pemerintah Kabupaten Ngawi akan terus mensupport apa yang menjadi keinginan masyarakat selama bisa menjadikan momen silaturahmi dan juga guyub rukun masyarakat Kabupaten Ngawi,” imbuhnya.

Ket. Foto : Kasatpol-PP Ngawi Rahmad Didik Purwanto saat memberikan keterangan

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Ngawi Rahmad Didik Purwanto mengatakan, Lomba Burung Kicauan kali ini diikuti masyarakat dari berbagai komunitas kicau mania dengan antusias. Pihaknya mengaku akan menggandeng semua komunitas dalam rangka sosialisasi pencegahan rokok ilegal tersebut.

“Kegiatan seperti ini merupakan wujud pemanfaatan DBHCHT yang mana kami juga menggandeng beberapa Komunitas diantaranya ada Mancing Mania pada beberapa waktu lalu, dan hari ini adalah Kicau Mania, serta Komunitas lainnya, hal ini diharapkan agar Komunitas sendiri mampu merasakan pemanfaatan DBHCHT, Mengetahui ciri-ciri rokok ilegal, dan juga Peran Komunitas tersebut turut diajak untuk mengawasi peredaran rokok ilegal,” ujarnya.

Lebih lanjut, “Setelah kami adakan operasi penindakan di beberapa tempat, Alhamdulillah untuk Kabupaten Ngawi Nihil, tidak ditemukan adanya rokok ilegal yang beredar di toko-toko maupun lingkungan di Kabupaten Ngawi,” jelasnya.

Ket. Foto : Para Peserta Lomba Burung Berkicau Bupati CUP Ngawi pada event Gempur Rokok Ilegal

Ditempat yang sama, Pemeriksa Bea dan Cukai Madiun, Avan Gardy yang juga Narasumber menyampaikan Kegiatan seperti ini merupakan murni dibiayai dari Pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) dalam sektor Penegakan Hukum.

“Untuk Pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) dalam sektor Penegakan Hukum di tiap-tiap Daerah berbeda, contohnya pada kegiatan lomba burung berkicau seperti ini kami adakan dengan cara sosialisasi yang bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang ciri-ciri rokok ilegal,” jelasnya.

Avan berpesan kepada masyarakat, jika dikemudian hari menemukan rokok ilegal agar segera melapor ke aparat penegak hukum terdekat dan bisa juga menghubungi melalui contact center Bea Cukai Madiun yakni 1500-225. (Mas)