Pemdes Taba Baru Salurkan BLT Kemiskinan Ekstrim dan Titik Nol

Wartainspirasi.com — Melalui Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2023 Pemerintah Desa (Pemdes) Taba Baru menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kemiskinan Ekstrim Triwulan Pertama untuk bulan Jauari, Februari, Maret di Kantor Desa Taba Baru Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah, Rabu (17/5/2023).

Tampak hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Desa Taba Baru, Camat Taba Penanjung, BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, serta masyarakat penerima manfaat BLT Kemiskinan Ekstrim.

Sambutan oleh Kepala Desa Taba Baru, Zaitu Amri sebelum penyaluran BLT Kemiskinan Ekstrim

Pada sambutannya Kepala Desa Taba Baru, Zaitul Amri menuturkan, tahun 2023 ada perubahan terkait regulasi penerima BLT Dana Desa, merujuk pada Permendes 2022 lebih menekankan pada pengentasan Kemiskinan Ekstrim. Maka Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT melalui seleksi ketat serta kesepakatan bersama pada Musyawarah Desa (Musdes).

” Tahun ini (2023), aturan tentang penerima BLT dikurangi jadi Pemerintah Desa Taba Baru bekerja ekstra dalam menetapakan KPM, agar tidak adanya kecemburuan sosial di masyarakat,” ungkap Kades.

Kegiatan titik nol pembangunan Posyandu Desa Taba Baru

Setelah penyerahan BLT Kemiskinan Ekstrim secara simbolis,  dilanjutkan dengan musyawarah pra pelaksanaan kegiatan titik nol pembangunan Posyandu dengan volume lebar 7, meter dan panjang 8 meter, bangunan Posyandu dibangun diatas tanah hibah masyarakat.

Camat Taba Penanjung, Noni Oktarina mengingatkan, agar pada pelaksanaan kegiatan pembangunan Posyandu nantinya, TPK bisa bekerja maksimal sesuai dengan yang telah direncanakan dan disepakati, melibatkan masyarakat baik pengerjaan maupun pengawasannya.

Kata sambutan oleh Camat Taba Penanjung, Noni Oktarina pada rapat pra pelaksanaan kegiatan pembangunan Posyandu Desa Taba Baru

” Masyarakat diminta berpartisipasi pada kegiatan fisik atau padat karya tunai desa, baik pengerjaan serta pengawasan demi kemajuan bersama,” ungkapnya.

Bangunan Posyandu sangat dibutuhkan ditingkat Desa, banyak kegiatan masyarakat terutama bidang kesehatan dari Bayi hingga Orang Tua, dengan dibangun Posyandu akan lebih memaksimal kegiatan masyarakat di Desa. (Adv/tf)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *