Penanggulangan Inflasi Global, H. Cik Ujang Bagikan Sembako Murah

LAHAT — Momentum gerakan pangan murah (GPM) dalam rangka percepatan penanggulangan inflasi, dihari pertama diserbu ratusan warga Lahat.

Pagelaran GPM melalui Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lahat ini dinilai cukup tepat, mengingat kondisi saat ini harga pangan masih melambung tinggi. Acara gerakan pangan murah tersebut, dibuka di Lapangan Bola Kaki Sari Bungamas kecamatan Lahat, pada Sabtu (2/12/2023).

Bupati Lahat H. Cik Ujang SH saat membuka GPS mengungkapkan, kegiatan GPM ini momennya sangat tepat untuk membantu masyarakat, mengingat kondisi perekonomian sedang tidak stabil akibat Inflasi Global. Sehingga, harga kebutuhan pokok masyarakat alami kenaikan.

“Kondisi perekonomian sedang tidak stabil. Oleh karenanya, kegiatan GPM ini harus kerap digelar, agar warga tidak kesulitan membeli sembako murah. Apalagi di daerah Ex Tramigrasi. Memang di sini sawit dan karet berlimpah, tapi sawah tidak ada,” cetus Bupati Lahat, H. Cik Ujang SH dalam menyampaikan sambutannya.

Cik Ujang berpesan, kepada pengusaha pangan terutama yang berskala besar, agar bisa ikut menyelenggarakan GPM di lingkungannya. Juga diharapkan agar tidak menaikkan harga di luar perhitungan wajar.

“Kepada pengusaha pangan, di saat susah seperti ini, tolong jangan menaikkan harga tanpa perhitungan wajar. Karena, akan merugikan masyarakat,” pesan H. Cik Ujang, seraya membagikan beras dan sembako murah kepada warga yang ada.

Usai membagikan beras sembako murah, Bupati Lahat juga membagikan mesin sortasi beras dan terpal jemur kepada sejumlah Gapoktan di Kabupaten Lahat.

Yanti (44) warga kelurahan Sari Bungamas, kecamatan Lahat menyampaikan, dirinya bersama warga lainnya sangat antusias dengan digelarnya kegiatan seperti ini. Karena, selama ini Pasar Murah selalu dibuka di Kota Lahat, dan kali ini diwilayah Ex Tramigrasi.

“Kami sangat setuju, apalagi harganya dibawah harga Pasar. Karena, warga disini tidak ada sawah, jadi semua masyarakat mayoritas membeli beras di Lahat,” ujar Yanti dibincangi disela-sela saat ikut mengantri membeli sembako murah.

Sementara, Kepala Dinas Ketahan Pangan Lahat, Ibni Noris SE MM menegaskan, GPM ini digelar bekerjasama dengan Bulog Lahat, Bank Sumsel Cabang Lahat dan Kantor Pos Lahat. Sebagai langkah percepatan penanggulangan inflasi di Lahat, khususnya di bidang pangan.

“Pangan adalah kebutuhan pokok. Karena, itu Pemerintah Daerah bertindak cepat menggapai kondisi masyarakat saat ini,” ucapnya lugas.

Dijelaskannya, sembako murah yang disiapkan diantaranya, beras kemasan 5 kilo Rp 54 ribu, minyak kita 1 kilo Rp 15 ribu, terigu mila 1 kilo Rp 10 ribu. Untuk harga paketan, beras + minyak Rp 67 ribu, beras + minyak + terigu Rp 77 ribu. Untuk pembelian kupon, langsung melalui mobil transaksi keliling Bank Sumsel Babel, jika menggunakan QRIS bisa dapat potong Rp 5 ribu.

Terpantau hingga siang hari, warga terus berdatangan untuk membeli sembako murah. Bukan, hanya warga dari Sari Bungamas saja, juga masyarakat dari Kabupaten Lahat ikut menimbrung antri membeli sembako murah tersebut. Kegiatan GPM ini akan dilaksanakan selama dua hari mulai Sabtu – Minggu tanggal 2 – 3 Desember 2023. (Din)