Pendaftar di SMAN 5 Kaur Membludak Kuota Terbatas RKB

BENGKULU, Berita, Daerah, Kaur489 Dilihat

wartainspirasi.com – Sejak dibuka pendaftaran peserta didik baru di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kaur, tanggal 27 Juni -3 Juli 2023, peserta pendaftar hingga mencapai 400 peserta.

Hal menjadi pemikiran yang berat bagi Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), pasalnya untuk diterima di  SMAN 5 Kaur kuotanya terbatas oleh RKB dan petunjuk dari Dikmen hanya 204 PSB.

Meskipun sudah naik jumlah kuotanya dari tahun ajaran 2022 kemaren hanya 170 PSB untuk tahun ini jenjang Afirmasi sebanyak 31, Prestasi 50, perpindahan orang tua 10 dan Zonasi 122 orang,” ucap Kepsek SMAN 5Kaur, Yen Sapri. S.Pd., MM melalui Waka Kesiswaan, Dian Saputra. S.Pd, Sabtu (1/7/23).

Lanjut Waka, Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2023 untuk siswa berbagai jenjang dimulai sejak 27 Juli 2023 bagi calon murid baru SMAN 5 Kaur.

4 jalur yang akan dibuka sesuai dengan Peraturan yang telah tertuang melalui Permendikbud RI Nomor 1 Tahun 2021 tentang PPDB pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK.

Ketentuan didalamnya memberikan kewenangan kepada Pemerintah Daerah dalam mengatur PPDB sesuai situasi Daerah masing-masing.

” 4 jalur PPDB untuk siswa jenjang SMAN 5 Kaur tahun 2023 yang akan dibuka namun perlu diketahui Permendikbud RI Nomor 1/2021, 4 jalur ini dikecualikan untuk SMK, satuan pendidikan kerja sama, sekolah Indonesia di luar negeri, sekolah yang menyelenggarakan pendidikan khusus.

Sekolah yang menyelenggarakan pendidikan layanan khusus, sekolah berasrama, sekolah di daerah 3T, dan sekolah di daerah yang jumlah penduduk usia sekolahnya tidak bisa memenuhi ketentuan jumlah siswa dalam 1 rombongan belajar,” terang Dian.

Sementara orang tua calon siswa baru, Ibu Sanah berharap anaknya bisa diterima di SMA Negri 5 Kaur, anaknya mendaftar ke jenjang Zonasi karena daftar ke Afirmasi anaknya gugur syarat kurang lengkap.

Sedangkan anaknya akan masuk ke SMA Negeri 5 Kaur ini penuh semangat mungkin belum bisa melanjutkan sekolah bila gugur anaknya mendaftar dijenjang Zonasi di SMAN 5 Kaur.

” Semoga bisa lolos mendaftar ke SMAN 5 Kaur meskipun masuk ke jenjang Zonasi kami berharap semoga setiap tahun kuota SMAN-5 Kaur ditambah,” harap Sanah. (Mj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *