Polres Lahat Gelar Apel Satkamling Sekaligus Pengukuhan KSKL

wartainspirasi.com – Bertempat dihalaman Mapolres Lahat, Kapolres Lahat AKBP S.Kunto Hartono SIK, MT, memimpin apel Kasat Kamling dan pengukuhan Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (KSKL).

Acara Apel Kasat Kamling dan pengukuhan Ketua Satuan Keamanan Lingkungan tersebut, dilaksanakan pada Rabu tanggal 21 Juni 2023 yang dimulai sejak pukul 08.30 WIB, sampai dengan selesai.

Turut hadir dalam giat Apel itu, Wakapolres Lahat Roy Aprian Tambunan SP, SIK, Kasdim 0405/Lahat, Bupati Lahat diwakili Asisten I, Kajari Lahat, Kalapas, Kasat Pol-PP Pemkab Lahat Harry Kurniawan SSTP, MM, Ka LLAJ, dan perwakilan pemenang lomba Pos Kamling dan tamu undangan lainnya.

Satuan Keamanan Lingkungan atau yang dikenal dengan sebutan Satkamling adalah sebuah unit keamanan yang dibentuk di tingkat lingkungan atau permukiman dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan tersebut.

Kasat Kamling merupakan jabatan kepemimpinan dalam Satkamling yang bertanggung jawab dalam mengkoordinasikan dan memimpin kegiatan keamanan lingkungan.

Dalam upacara pengukuhan Kasat Kamling, Kepolisian Resort (Polres) Lahat secara resmi menunjuk dan mengukuhkan seorang individu sebagai Kasat Kamling. dan pemberian Piala kepada pemenang Satkamling sebanyak 3 orang dari desa Bunga Mas, Perangai, dan desa Cempaka Sakti.

Kasat Kamling memiliki peran penting dalam membangun kemitraan antara kepolisian dan masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan.

Mereka bertanggung jawab dalam mengoordinasikan kegiatan pengamanan, mengadakan Patroli, serta melakukan sosialisasi tentang pentingnya partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya.

Dengan melaksanakan upacara pengukuhan Kasat Kamling, Polres Lahat menunjukkan komitmen mereka dalam menjalin kerjasama yang erat dengan masyarakat dalam upaya menjaga keamanan di tingkat lingkungan.

Hal ini merupakan bagian dari strategi Kepolisian yang berfokus pada pendekatan Preventif dan Partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya. ungkap Kapolres Lahat AKBP S.Kunto Hartono SIK, MT, melalui Kasi Humas Polres Lahat IPTU Sugianto, disampaikan Kasubsi Penjas Humas Polres Lahat AIPTU Liespono SH. (Din)