Polres Lahat Terima Team Zona Integritas Polda Sumsel

WARTAINSPIRASI.COM — Kapolres Lahat AKBP S.Kunto Hartono SIK, MT, yang diwakili Wakapolres Lahat Kompol Feby Febriyana SIK, yang di dampingi Kabag Ren Kompol Sunarso SH, menerima Team Zona Integritas (ZI) Polda Sumsel.

Rombongan team Zona Integritas dari Polda Sumsel ini dipimpin AKBP Doly Gumara SIK, MH menyambangi tiga Polres yakni, Polres Lahat, Polres Pagar Alam, dan Polres Empat Lawang yang dipusatkan di Polres Lahat, pada Kamis (02/03/2023).

Kapolres Lahat AKBP S.Kunto Hartono SIK, MT, melalui Kasi Humas Polres Lahat IPTU Sugianto, disampaikan Kasubsi Penmas Humas Polres Lahat AIPTU Liespono SH mengatakan, kedatangan team Zona Integritas Polda Sumsel tersebut, untuk melakukan pemeriksaan terhadap tiga (3) Polres meliputi Polres Lahat, Polres Empat Lawang, dan Polres Pagar Alam.

Dijelaskan Liespono, sasaran pemeriksaan dokumen pendukung pembangunan pada Enam (6) program area perubahan yang meliputi:

– Manajemen perubahan.
– Penataan tatalaksana.
– Penataan sistem manajemen SDM.
– Pengadaan akuntabilitas.
– Penguatan pelaksanaan dan,
– Peningkatan kualitas pelayanan.

Menurutnya, maksud dan tujuan Zona Integritas yaitu, untuk mencegah korupsi, kolusi, dan nepotisme serta untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan senantiasa meningkatkan akuntabilitas kinerja dan menyusun kontrak kerja.

Liespono mengatakan, team ZI melakukan pemeriksaan terhadap Satker Polres masing-masing yang berhubungan dengan pelayanan kepada masyarakat. Meliputi, fungsi Intelkam yaitu, penerbitan SKCK, fungsi Lantas penerbitan SIM, fungsi SPKT pelayanan pengaduan masyarakat, fungsi Reskrim pelayanan penyidikan kasus serta fungsi Siwas berupa pelayanan pengaduan masyarakat tentang kinerja Polri.

Tidak itu saja, sambung Liespono, disamping melaksanakan pemeriksaan Intern Polri team ZI juga melaksanakan surpai terhadap masyarakat tentang kinerja Polri dan melakukan pengecekan langsung kelapangan.

“Dengan adanya team ZI Polda Sumsel turun ke wilayah diharapkan, bisa membenahi kinerja Polres jajaran dalam pelaksanaan pelayanan prima kepada masyarakat tetap berjalan,” ujarnya. (Din)