Sebanyak 239 Prajurit Tamtama TNI AD Dilantik

Wartainspirasi.com — Bertempat dilapangan Sudirman Secata Rindam II/Swj Puntang kelurahan Pagar Agung, kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Hilman Hadi S.I.P, MBA, M.Han memimpin upacara penutupan pendidikan pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD Gelombang II TA.2022 (OV).

Walaupun acara penutupan Dikmata TNI AD tersebut, diguyur hujan cukup deras, namun, tidak menyulutkan Mayjen Hilman untuk melantik sebanyak 239 prajurit Tamtama TNI AD dengan pangkat prajurit dua (Prada), pada Jum’at tanggal 14 April 2023.

Bahkan, dibawah tumburan air hujan acara pengambilan sumpah terhadap ratusan prajurit TNI AD berpangkat Prada tersebut, masih terus berlangsung secara Hikmad dan lancar dilapangan Secaba Rindam II/Swj Puntang Lahat.

Tidak itu saja, Pangdam II/Swj juga melakukan penyematan tanda pangkat Prada dan menyerahkan Ijazah kepada perwakilan Prajurit Tamtama. Lalu, dilanjutkan dengan memberikan tanda penghargaan kepada mantan siswa yang terbaik.

Turut hadir dalam kegiatan penutupan pendidikan pertama Tamtama (Dikmata) TNI AD Gelombang II TA.2022 (OV) itu diantaranya, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Hilman Hadi S.I.P, MBA, M.Han, beserta rombongan, Bupati Lahat yang diwakili Wabup Lahat H.Haryanto SE, MM, MBA, OPD Pemkab Lahat, Dandim 0405/Lahat, Dan Secaba, Dan Secara, Dan Sub POM Lahat, Kapolres Lahat, ketua Persit Cabang Lahat, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Hilman Hadi mengucapkan selamat kepada para mantan Prajurit Siswa atas keberhasilannya dalam menyelesaikan Pendidikan di Rindam II/Swj.

Untuk diketahui, ditegaskannya, prosesi pelantikan ini sekaligus merupakan simbol perubahan status dari masyarakat sipil menjadi prajurit, sehingga membawa konsekuensi logis terhadap sikap dan perilaku sebagai prajurit TNI AD. Perubahan status ini harus dibarengi dengan perubahan sikap mental, mindset dan perilaku sebagaimana keharusan seorang prajurit TNI AD.

“Kalian telah terikat dan diikat oleh aturan disiplin militer. Hidup dan kehidupan kalian juga telah diatur oleh berbagai norma dan aturan yang berlaku di lingkungan TNI AD, seperti Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI”, ungkap Pangdam II/Swj.

Pesan Hilman, jadilah Prajurit yang selalu mencintai dan dicintai rakyat, hindari sikap dan perilaku yang dapat merugikan diri sendiri, merusak citra satuan dan menyakiti hati rakyat.

“Sekali lagi saya mengucapkan selamat atas keberhasilan para mantan prajurit siswa, yang telah berhasil menyelesaikan Pendidikan Tahap I. Dan sudah mengikuti pelantikan dengan pangkat Prajurit Dua (Prada),” pungkas Pangdam II/Swj Mayjen TNI Hilman. (Din)