Tekan Angka Laka Lantas, Satlantas Polres Ngawi Sosialisasi kan Kamseltibcarlantas

Wartainspirasi.com, Ngawi — Upaya jajaran Polres Ngawi yang dalam hal ini Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Ngawi dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas, Senin (15/01/24) menggelar Sosialisasi Kamseltibcarlantas.

Adapun dalam pelaksanaan nya, acara tersebut menyasar pelajar yang ada di Kabupaten Ngawi, salah satunya seperti yang dilaksanakan di SMPN 4 Ngawi.

Perlu diketahui, Kamseltibcarlantas sendiri merupakan kepanjangan dari keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

Acara yang berlangsung di SMPN 4 Ngawi tersebut digelar meriah, dengan diawali penampilan wayang tangguh Satria Bhayangkara Polres Ngawi.

Dijelaskan Kapolres Ngawi AKBP Argowiyono, S.H., S.I.K., M.Si melalui Kasat Lantas AKP M Sapari, S.H, poin-poin penting dalam kegiatan tersebut diantaranya para pelajar yang sudah cukup umur wajib memiliki SIM, wajib memakai helm SNI, wajib mematuhi syarat teknis dan layak jalan, dan juga wajib mematuhi peraturan berkendara.

“Kegiatan ini diharapkan kepada seluruh pelajar khususnya di Kabupaten Ngawi agar ada perubahan yang lebih baik dan dapat menekan jumlah dan fatalitas kecelakaan di wilayah Kabupaten Ngawi,” kata Kasat Lantas Polres Ngawi.

Menurut Sapari, dari data laka lantas di tahun 2023 ada sejumlah 1018 kejadian, dari total tersebut ada sejumlah 141 korban meninggal dunia, 54 luka berat, 1849 luka ringan dengan keseluruhan kerugian materi sebanyak kurang lebih 1,7 Milyar.

“Dari tingginya angka laka lantas yang terjadi di tahun 2023, hal inilah yang melatarbelakangi kami dalam menggalakkan sosialisasi kamseltibcarlantas khususnya di sekolah-sekolah tingkat SMPN maupun di atasnya,” imbuh Sapari.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut juga diisi dengan sesi tanya jawab bagi pelajar, pemberian doorprize, dan juga ditutup dengan pemberian cinderamata kepada Kepala Sekolah SMPN 4 Ngawi. (Mas)