Titik Nol, Tiga Unit RTLH Desa Curup di Bedah

Wartainspirasi.com — Kabar gembira bagi masyarakat di Desa yang  berstatus warga miskin ekstrim memiliki rumah tidak layak di huni dan sehat, sebab ditahun 2023 ini Permendes 8 tahun 2022 disebutkan bahwa Dana Desa boleh dipergunakan untuk pembangunan, perbaikan, atau rehabilitasi rumah tidak layak huni dan sehat.

Hal inilah yang mendasari Pemerintah Desa Curup Kecamatan Merigi Sakti Kabupaten Bengkulu Tengah merealisasikan anggaran Dana Desa Tahun 2023 salah satunya bedah rumah tidak layak huni dan penguatan ketahanan pangan.

Musyawarah Desa pra pelaksanaan kegiatan pembangunan dan penentuan titik nol dilaksanakan pada hari Rabu pagi (2/5/2023) di Kantor Desa Curup, dihadiri Kepala Desa Curup, Hastomo Arbi. S.Kom, BPD, perwakilan Kecamatan Merigi Sakti, Bhabinkamtibmas, Pendamping Desa.

Pada sambutannya, Kepala Desa Curup, Hastomo Arbi. S.Kom menjelaskan, adapun tahapan warga yang dibedah rumahnya yaitu, bertempat tinggal di wilayah desa tersebut, diputuskan lebih dulu melalui musyawarah desa, dan disepakati dan diputuskan melalui musyawarah desa.

” Pemerintah Desa menetapkan rumah yang dibedah kategori tidak layak huni dan sehat serta telah sepakati pada musyawarah desa,” jelas Kades Curup, Hastromo Arbi. S.Kom kepada media ini.

Ditambahkannya, bedah rumah ini masing-masing mendapat bantuan Rp. 10 juta dalam bentuk material dan bahan bangunan, sebanyak 3 unit, pengerjaannnya akan dilaksanakan gotong-royong bersama masyarakat mengingat minimnya anggaran tersebut. Usai rapat pra pelaksanaan dilanjutkan titik nol ke lokasi yang akan dibangun. (Adv/tf)