TPID Kaur Rakor Virtual Bersama Kemendagri Bahas Kenaikan Harga Sembako

BENGKULU, Berita, Daerah, Kaur339 Dilihat

Wartainspirasi.com, Kaur — Di aula Lantai III Sekretaris Daerah (SETDA) Tim Pengendalian Inflasi Daerah ( TPID ) Pemda Kabupaten Kaur di laksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) secara Virtual bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri ) RI, Rabu (13/3/24).

Adapun dalam Rakor ini di pimpin langsung Inspektur Jendral Kemendagri Komjen Pol. Drs Tomsi Tohir Balaw. M.Si dalam arahannya supaya di setiap Pemerintah Daerah (Pemda) agar melakukan operasi pasar dalam rangka pengendalian harga beras.

Dimana hasil data dari Badan Pusat Statistik (BPS), sekitae 75 persen wilayah di Indonesia masih mengalami kenaikan harga beras.

“ Berdasarkan dari Penjelasan badan Bulog untuk stok beras di seluruh daerah merata dan cukup. Namun demikian dari laporan mingguan yang kita terima bahwa 196 daerah yang melaksanakan operasi pasar, jadi kurang lebih masih sekitar 250 daerah yang belum melaksanakan operasi pasar tersebut,” sampainya.

” Kemendagri berharap kepada seluruh Pemda agar melakukan operasi pasar murah untuk menekan kenaikan harga kebutuhan seperti beras dan kebutuhan bahan pokok lainnya,” tegasnya.

Tomsi juga menekankan agar pengawasan terhadap kenaikan harga bahan pokok penting harus di perketat, bagi satgas pangan di daerah dibantu stakeholder terkait.

” Upaya untuk melaksanakan langkah-langkah pengendalian, mendeteksi kenaikan, dan melakukan tindakan secara langsung, termasuk dengan melakukan gerakan seperti menaman cabe, jagung, dan lain-lain,” harapnya.

Dalam rakor ini TPID banyak catatan dan membuat Agenda untuk melakukan langkah-langkah untuk di terapkan sesuai arahan hasil Rakor. (Mj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *