Unras Aliansi Rakyat Lahat Menggugat Mendapat Pengawalan Ketat Personil Gabungan

Wartainspirasi.com, Lahat — Bertempat dihalaman kantor Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Lahat, Kkapolres Lahat AKBP God Parlasro S.Sinaga SH.SIK.MH, didampingi Kabag Ops kompol Aan Sumardi SE.MM, Kasat Intel AKP Mulyono SH, Kasat Samapta AKP Hipni SH, Kasat Lantas AKP Muruyanto SH.MH, Kapolsek Kota AKP Samsuardi, memimpin pengamanan dan pengawalan Aksi Unjuk Rasa dari Aliansi Rakyat Lahat Menggugat.

Adapun tuntutan massa adalah Terkait pelantikan PJS. Kapala Desa di Kab. Lahat oleh PJ. Bupati Lahat yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 12 Januari 2024 diangga tidak dengan prosedur, mekanisme dan aturan yang berlaku serta teridikasi bermuatan politis.

Tuntutan dalam Aksi ratusan massa yang tergabung Aliansi Rakyat Lahat Menggugat adalah:

1. Batalkan pengangkatan PJS Kades yang dilantik tidak dengan prosedur.

2. Diduga pengangkatan PJS Kades PJ. Bupati tidak netral dan syarat dengan muatan politis.

3. Pj Bupati Lahat mengangakat PJS Kadea tanpa rekom dari Camat dan usulan BPD.

4. Kami Masyarakat Lahat menggugat Pj Bupati Lahat untuk mengundurkan diri.

5. Kami meminta mendagri menonaktifkan Pj Bupati Lahat.

6. Diduga adanya ASN membakar Kalender dijanjikan PJS Kades tanpa ada rekom Camat.

Tidak lama menyampaikan Orasinya, perwakilan massa aksi di terima oleh Sekda Lahat Candra SH.MM mewakili Pj Bupati Lahat, Kasat Intel AKP Mulyono SH, Kasat Pol-PP, Asisten I Pemkab Lahat, dan pejabat Pemkab yang terkait lainnya.

Hasil dari pertemuan, Sekda Lahat akan menyampaikan permintaan massa kepada Pj Bupati Lahat, yang antinya Pj Bupati Lahat akan memutuskan dan meninjau ulang SK, pelantik Pjs kepala desa di Kabupaten Lahat.

Polres Lahat dalam pelaksanaan pengamanan aksi unjuk rasa menerjunkan 120 personel Gabungan Staf dan Fungsi di tambah dari TNI, Saat Pol-PP, dan DLLAJR.

Hingga, pukul 13.00 WIB, massa membubarkan diri dan kembali ke wilayah masing-masing dalam keadaan situasi aman dan terkendali. (Din)